Advertisement

Ketua DPR Berharap Momentum Lebaran Cairkan Suhu Politik yang Memanas

Newswire
Senin, 18 Juni 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Ketua DPR Berharap Momentum Lebaran Cairkan Suhu Politik yang Memanas Presiden Joko Widodo (tengah), bersiap melaksanakan Shalat Taraweh pertama Ramadhan 1439 H di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (16/5/2018). - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Karakteristik saling memaafkan pada momentum lebaran harus digunakan para pemimpin nasional dan elit politik untuk meredam suhu politik yang mulai memanas dan mencegah perpecahan antaranak bangsa.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo  saat mengunjungi rumah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Perumahan Araya Malang, Jawa Timur, Minggu (17/6/2018), seperti dikutip dalam siaran persnya.

Advertisement

Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo di hadapan Panglima  TNI menyebutkan, Hari Raya Idul Fitri kali ini terkesan lebih istimewa karena bertepatan dengan tahun politik. Momen silaturahim antara pemimpin negara sangat diperlukan untuk mencairkan suhu politik jelang Pilkada serentak, Pileg dan Pilpres yang kian memanas.

"Silaturahim bersama sanak saudara, kolega, serta masyarakat untuk saling bermaafan pada Hari Raya Idul Fitri merupakan ciri khas umat Muslim di Indonesia. Karakteristik itulah yang harus digunakan para pemimpin nasional dan para elit politik untuk meredam suhu politik yang mulai memanas dan mencegah perpecahan antaranak bangsa," ucap Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini yakin silaturahim dapat menjadi sarana mendamaikan hati, mengurangi ketegangan salah paham serta memperbaiki komunikasi menjadi lebih baik. Tradisi silaturahim juga bisa dijadikan para politisi sebagai pembangunan modal sosial untuk mengembangkan basis jaringan politik.

"Saya mengapresiasi para pejabat yang mengadakan 'open house' di hari lebaran. Momen tersebut mampu menyatukan antarkader, antarpartai politik serta lintas agama. Banyak kader parpol yang dalam keseharian kerap berseberangan, namun saat 'open house' semua larut dalam suasana keakraban dan saling memaafkan," ujarnya.

 Bagi mantan Ketua Komisi III DPR ini, lebaran bukan hanya semata-mata hari raya umat Islam. Penganut agama lain pun turut bersukacita merayakan hari libur lebaran.

"Tidak berlebihan jika saya katakan Lebaran tidak hanya dirayakan umat Islam. Umat agama lain pun larut berkumpul bersama untuk bersilaturahim. Lebaran juga bisa disebut sebagai semacam simbol simbiose agama dan budaya yang mampu menjadi pemersatu manusia dari berbagai etnis, suku, bahasa hingga bangsa," jelas Bamsoet.

 Kedatangan Bamsoet yang ditemani anggota Komisi III Ahmad Sahroni disambut hangat oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta istri dan keluarga.

Kunjungan mendadak Bamsoet ini dilakukan dalam rangka silaturaimi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Hadir juga dalam acara silahturahim tersebut Pangdam Brawijaya Mayjend TNI AD Arief Rachman dan Kapolda Jatim Irjen Polisi Machfud Arifin.

"Idul Fitri merupakan momen untuk saling memaafkan serta mempererat persatuan bangsa. Hari ini bertepatan saya ada acara di Malang, maka sekalian saya sempatkan berkunjung ke rumah pribadi Panglima TNI. Selain silaturaimi, saya harapkan kunjungan ini akan makin memperkuat hubungan kerja antara lembaga negara, khususnya DPR dan TNI," ucap Bamsoet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement