Advertisement

Tangkal Radikalisme, Calon Mahasiswa Baru Harus Laporkan Akun Media Sosial

Newswire
Jum'at, 08 Juni 2018 - 22:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Tangkal Radikalisme, Calon Mahasiswa Baru Harus Laporkan Akun Media Sosial Menristek Dikti Mohamad Nasir (kanan) saat melakukan kunjungan kerja ke PT Inka di Madiun, Jawa Timur, Jumat (08/06/2018). - Antara/Siswowidodo

Advertisement

Harianjogja.com, MADIUN-Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta setiap mahasiswa baru harus melaporkan atau mencatatkan akun media sosialnya ke perguruan tinggi masing-masing saat mendaftarkan diri. Menurut dia, upaya itu wajib dilakukan guna menyikapi praktik radikalisme yang ada di dalam kampus akhir-akhir ini.

"Ada kemungkinan seorang mahasiswa itu terpapar paham radikal bukan dari pembelajaran di kampus, tapi melalui media sosial. Hal itu contohnya seperti yang terjadi di Bandung. Oleh karena itu, mahasiswa baru harus mencatatkan akun medsosnya ke perguruan tinggi masing-masing," ujar M Nasir saat melakukan kunjungan kerja ke PT Inka (Persero) di Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (08/06/2018).

Advertisement

Terkait masalah radikalisme yang terjadi di dalam kampus, dia meminta semua pemangku kepentingan di dalam kampus untuk melakukan pengawasan. "Ini perlu diawasi. Bagaimana cara melakukan pengawasannya? Pertama adalah melalui sistem pembelajaran yang ada di dalam kampus," kata dia.

Dia menjelaskan, sistem pembelajaran dalam kampus perlu diawasi, dikomunikasikan, didampingi, dan semua lainnya sehingga dengan pengawasan, jika terjadi penyimpangan akan segera terdeteksi. Pengawasan kedua melalui pendataan alat atau media komunikasi serta interaksinya. Hal itu menyusul kemungkinan ada tumbuhnya radikalisme bukan karena pendidikan, melainkan karena pengaruh interaksi di media sosial, misalnya.

Seperti diketahui, tim Densus 88 Antiteror menagkap tiga terduga teroris di kawasan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau, Sabtu (02/06/2018). Tiga terduga teroris itu berinisial ZM alias Jack, RB dan OS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement