Advertisement

Pernah Demo Tumbangkan Soeharto, Sekarang Fadli Zon Bilang Rezim Orba Paling Berhasil

Newswire
Selasa, 22 Mei 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
Pernah Demo Tumbangkan Soeharto, Sekarang Fadli Zon Bilang Rezim Orba Paling Berhasil Fadli Zon. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Mantan aktivis reformasi yang kini menjadi politikus Partai Gerindra Fadli Zon menilai Soeharto adalah presiden yang paling berhasil memimpin negara.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon setuju penilaian Soeharto sebagai presiden yang berhasil menjalankan tugasnya sebagai kepala negara. Itu berdasarkan hasil survei Indo Barometer.

Advertisement

Dalam survei itu, sebanyak 32,9% publik merasa puas dengan kinerja Soeharto. Lalu tingkat kepuasan Soekarno sebanyak 21,3%, dan disusul Presiden Joko Widodo 17,8%, dan Susilo Bambang Yudhoyono 11,6%.

"Saya sependapat ya, menurut saya Pak Harto itu presiden yang paling berhasil. Indikator-indikatornya itu jelas," kata Fadli di DPR, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Fadli menjelaskan, dari sisi ekonomi, sejak 1975 hingga 1995, Soeharto telah menurunkan absolute poverty atau kemiskinan absolut dari angka 75% menjadi 11 %.

"Waktu Soeharto menjabat kala itu growth kita, atau pertumbuhan kita minus 12 persen, sampai kemudian dia bisa mempertahankan tujuh sampai delapan persen, berhasil," ujar Fadli.

Bahkan, inflasi Indonesia luar biasa kala itu angkanya hingga mencapai ratusan persen. Begitu soal pengangguran yang berkurang di tangan Soeharto.

"Angka kemiskinan, pengangguran dengan trilogi pembangunan pertumbuhan pemerataan dan stabilitas nasional saya kira orde baru banyak berhasil," tutur Fadli.

Meski demikian, Wakil Ketua DPR itu juga tidak menyangkal ada banyak kekurangan di masa pemerintahan Soeharto. Terutama mengenai isu kebebasan politik dan kebebasan berpendapat, dan kebebasan pers.

"Jadi setiap rezim itu pasti ada kelebihan dan kekurangan. Tapi dari sisi ekonomi pemerintah Orde Baru dulu sukses. Tentu ada korupsi, ada kolusi, nepotisme tapi sekarang juga lebih dahsyat kok dari zaman itu, korupsi, kolusi, nepotisme lebih dahsyat," kata Fadli.

Sebelum dikenal sebagai politikus, Fadli Zon merupakan aktivis reformasi 1998 yang turut berdemo di senayan untuk menumbangkan rezim Soeharto yang ia anggap berhasil memimpin negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pengadaan Lahan Tol Jogja-Bawen Capai 91 Persen, Pembayaran Ganti Rugi Bakal Dilakukan Dalam Waktu Dekat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement