Advertisement

Begini Cara Presiden Jokowi Mengingatkan Anak-Anak Agar Tak Hanya Main HP

Yodie Hardiyan
Sabtu, 05 Mei 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Begini Cara Presiden Jokowi Mengingatkan Anak-Anak Agar Tak Hanya Main HP Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana bermain sejumlah permainan tradisional seperti engklek, gobar sodor hingga ulur ban di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5/2018) sore. Pemerintah mempromosikan permainan tradisional yang sekarang perlahan tidak dimainkan lagi oleh masyarakat.. - .Bisnis/Yodie Hardiyan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo punya cara sendiri untuk mengajak anak-anak bermain permainan tradisional. Seperti apa?

Suasana halaman tengah Istana Kepresidenan pada Jumat (4/5/2018) sore tampak berbeda. Halaman berumput hijau yang rindang itu dipenuhi oleh anak-anak kecil yang menghadiri acara "Jam Main Kita".

Advertisement

Acara itu secara khusus diselenggarakan untuk mengingatkan hak dasar anak-anak berupa bermain, bukan hanya bermain di dalam ruangan tapi juga bermain di luar ruangan. Presiden Joko Widodo hadir dalam acara ini dan turut serta bermain bersama anak-anak.

Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan supaya anak-anak harus bermain di luar ruangan dan tidak hanya bermain gadget atau gawai. "Jangan main HP terus. Siapa yang suka main HP?" tanya Jokowi di depan anak-anak tersebut.

Seusai berpidato dan bercanda dengan anak-anak di halaman tengah Istana, Jokowi kemudian ikut memainkan permainan tradisional yang sudah disiapkan di pinggir halaman istana.

 

Permainan pertama yang dijajal Jokowi adalah ulur ban. Dalam permainan itu, Jokowi bersama istrinya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendorong ban bekas menggunakan kayu dari garis mulai (start) sampai selesai (finish). Atraksi itu disambut tawa para penonton.

Permainan kedua yang dicoba Jokowi adalah gobak sodor. Dalam kesempatan ini, Jokowi bermain bersama Iriana dan juga sejumlah menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Jokowi dan Iriana berperan menghalau anak-anak yang akan melewati rintangan. Anak-anak itu berusaha menerobos rintangan yang dibuat Jokowi. Suasana menjadi riuh oleh gelak tawa para penonton melihat anak-anak berusaha menerobos rintangan yang dibuat Jokowi.

Permainan terakhir yang dicoba Jokowi adalah engklek. Jokowi dikerubungi oleh anak-anak yang ingin melihat dari dekat Presiden bermain permainan tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement