Advertisement

SURVEI CAPRES : Jokowi Ungguli Prabowo, Jangan Senang Dulu....

Newswire
Jum'at, 04 Mei 2018 - 20:50 WIB
Bhekti Suryani
SURVEI CAPRES : Jokowi Ungguli Prabowo, Jangan Senang Dulu.... Olah Foto Prabowo-Jokowi - JIBI/Harianjogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Sejumlah survei mengungulkan Joko Widodo sebagai capres 2019 dibandingkan pesaingnya Prabowo Subianto yang tertinggal jauh.

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukan elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) masih jadi yang tertinggi dengan posisi 39,9%. Kendati demikian, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, Jokowi tetap harus waspada dengan dinamika politik yang mungkin terjadi selama satu tahun ke depan.

Advertisement

"Elektabilitas Pak Jokowi tuh memang naik semua. Tapi, jangan terlalu berpuas diri lah ya, Belanda masih jauh," ungkap Burhanudin saat melakukan hasil rilis survei di kantor Indikator, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018).

Burhanudin, menjelaskan meski elektabilitan Jokowi tinggi namun selalu diikuti oleh Prabowo di urutan kedua. Seperti hasil survei elektabilitas yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, Prabowo berada di peringkat ke dua di bawah Jokowi dengan perolehan 12,1%.

Sedangkan, di peringkat ketiga terdapat nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan menyentuh angka 0,9% dan nama Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berada diperingkat keempat dengan angka 0,7%.

Dia mengingatkan Jokowi agar waspada dengan segala kemungkinan. Apalagi, masih ada waktu satu tahun bagi Prabowo dan kandidat lain untuk mengejar elektabilitas sebagai calon presiden di Pilpres 2019 mendatang.

"Meski demikian, masih ada waktu setahun ke depan bagi Prabowo mengejar ketertinggalan," kata Burhanuddin.

Perlu diketahui, Indikator Politik Indonesia melakukan survei menggunakan populasi seluruh warga Indonesia yang melibatkan 1.200 responden. Lalu margin of eror sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen yang menggunakan sistem random sampling. Survei Indikator juga dilakukan dalam periode 25-31 Maret 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement