Advertisement

Berkat Video Viral, Eks Prajurit Ini Berhasil Berkumpul Keluarga Setelah 40 Tahun Hilang

Newswire
Jum'at, 20 April 2018 - 22:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Berkat Video Viral, Eks Prajurit Ini Berhasil Berkumpul Keluarga Setelah 40 Tahun Hilang Akun twitter Mumbai Police yang mengabarkan reuni Gambhir dengan keluarganya. - Ist/DW News

Advertisement

Harianjogja.com, INDIA-Seorang mantan prajurit India yang hilang 40 tahun lalu berhasil berkumpul kembali dengan keluarganya berkat media sosial. Videonya ketika menyanyikan sebuah lagu Bollywood yang terkenal saat mengemis di jalan Mumbai menjadi viral. Seorang anggota keluarga pun melihat laki-laki yang kini berusia 66 tahun itu di YouTube.

Keluarga Khomdram Gambhir Singh sebelumnya tidak pernah mendengar kabar apapun tentang dia selama 40 tahun. Sampai akhirnya mereka melihat video viral beberapa hari lalu.

Advertisement

Video itu menunjukkan seorang laki-laki dengan jenggot beruban yang menyanyikan lagu klasik Bollywood untuk mendapatkan uang di jalanan Mumbai.

Anggota keluarganya kemudian mengenalinya sebagai saudara yang menghilang pada usia 26 tahun pada 1978 dari rumahnya di wilayah terpencil di timur laut Manipur.

"Saya tidak bisa percaya ketika salah satu keponakan saya menunjukkan video itu. Kami sudah kehilangan semua harapan untuk melihatnya hidup kembali," ujar saudara laki-laki Gambhir, Khomdram Kulanchandra yang dilansir DW News dari media cetak The Hindu.

Kulachandra dan anggota keluarga lainnya kemudian melapor ke polisi, yang kemudian berkomunikasi dengan polisi di bagian Mumbai, 3.300 km jauhnya, di mana Gambhir hidup dengan susah.

"Dia menghasilkan uang dengan mengemis sambil menyanyikan lagu kuno India," ujar Firoze Shakir seperti dilansir dari DW News, Jumat (20/4/2018).

Shakir merupakan orang yang merekam dan mengunggah video itu di YouTube pada Oktober lalu.

Cahaya Harapan

Dalam video itu, Ghambir bercerita kepada Shakir bahwa dia berhenti bekerja sebagai prajurit untuk mengambil alih bisnis pertanian keluarga karena sang ayah mulai menua.

Ia kemudian berhenti bertani dan datang ke Mumbai di mana ia bekerja sebagai buruh harian untuk waktu yang pendek. Ia akhirnya mengemis setelah mengalami beberapa kali kecelakaan.

Belum jelas alasan kenapa Gambhir meninggalkan rumahnya. Menurut orang lokal, ia mengalami depresi setelah berpisah dengan istrinya beberapa waktu sebelum ia menghilang.

Polisi Mumbai menemukan Gambhir di luar stasiun kereta api. Ia kemudian diterbangkan kembali untuk hidup di Manipur pada Kamis (19/4/2018).

"Cerita ini adalah sinar harapan. Jika sebuah video bisa mengubah sebuah hidup seseorang, tidak ada keajaiban yang lebih besar dari ini," ujar Shakir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : DW News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penganiaya Penjual Bakwan Kawi di Gowongan Akhirnya Dilepas, Ini Penyebabnya

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement