Advertisement

Kisah Heroik 2 Lansia Cegat KA Dharmawangsa Ekspres Demi Hindarkan Kecelakaan, Kibarkan Kaus Merah

Adhik Kurniawan
Selasa, 08 Oktober 2024 - 23:37 WIB
Sunartono
Kisah Heroik 2 Lansia Cegat KA Dharmawangsa Ekspres Demi Hindarkan Kecelakaan, Kibarkan Kaus Merah Rel kereta api, jalur kereta api / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BLORA—Aksi heroik dilakukan dua orang lanjut usia (lansia) bernama Jamin, 62, dan Sarmo, 66 warga Dukuh Pengkol, Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng). Ia berhasil menyelamatkan KA Dharmawangsa Ekspres dari bahaya kecelakaan gangguan sambungan rel kereta api dengan cara mengibarkan kaus berwarna merah.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (6/10/2024) sore sekitar pukul 17.08 WIB, ketika KA Dharmawangsa Ekspres relasi Jakarta-Semarang-Surabaya Pasarturi akan melintas di jalur hulu Km 57+1.

Advertisement

BACA JUGA : Nongkrong Dekat Rel di Berbah, Warga Kalasan Meninggal Dunia Tersambar Kereta Singasari

Jalur tersebut berada di antara Stasiun Doplang dan Stasiun Randublatung, Blora. Ternyata mengalami gangguan sambungan rel. Melihat hal itu, kedua kakek asal Blora itu pun dengan cepat langsung mengabari masinis KA Dharmawangsa Ekspres dengan berbagai cara. 

Kedua kakek itu mengibarkan kaus berwarna merah sambil berteriak memberi peringatan. Masinis KA Dharmawangsa Ekspres yang melihat aksi kedua kakek itu pun langsung melakukan pengereman dan menghentikan kereta, sehingga kecelakaan dapat dihindari. 

Setelah mendapat peringatan dari kedua kakek itu, masinis kereta pun langsung melapor ke Pusat Pengendali KA dan stasiun terdekat. Tim Pemeliharaan Prasarana PT KAI Daop 4 Semarang juga langsung terjun ke lokasi untuk memeriksa jalur kereta yang dilaporkan mengalami gangguan. 

Setelah memastikan laporan warga, tim segera memandu masinis KA Dharmawangsa Ekspres untuk melintas dengan aman pada kecepatan 5 km per jam. Proses perbaikan segera dilakukan tim pemeliharaan dan bisa diselesaikan pada pukul 18.40 WIB. 

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas aksi heroik kedua kakek asal Blora tersebut. Berkat aksi kedua pria lansia itu, peristiwa kecelakaan kereta api bisa terhindarkan. 

“KAI sangat mengapresiasi peran serta warga yang membantu mengamankan perjalanan kereta api. Keberanian dan kepedulian mereka sangat berharga dalam mencegah potensi bahaya ” ujar Franoto, Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA : Tekan Angka Kecelakaan, KAI Bandara Gencarkan Sosialisasi Keselamatan Kereta

KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA atas keterlambatan yang terjadi akibat insiden ini. Sebab, peristiwa tersebut membuat KA Dharmawangsa Ekspres mengalami keterlambatan selama 40 menit.

“Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api adalah prioritas utama kami. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan mengutamakan keselamatan di setiap perjalanan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Espos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Gizi yang Baik untuk Anak Tak Harus Mahal

Sleman
| Selasa, 08 Oktober 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement