Advertisement

Dampak Serangan Udara Israel ke Lebanon, Aktivitas di Bandara Internasional Rafik Hariri di Beirut Turun Drastis

Newswire
Selasa, 24 September 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dampak Serangan Udara Israel ke Lebanon, Aktivitas di Bandara Internasional Rafik Hariri di Beirut Turun Drastis Ilustrasi mudik menggunakan pesawat / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Gelombang besar serangan udara Israel ke Lebanon berdampak pada aktivitas perjalanan di Bandara Internasional Rafik Hariri di Beirut. Jumlah penumpang dan penerbangan turun drastis.

Kepala Asosiasi Agen Perjalanan dan Turis Lebanon, Jean Abboud, menjelaskan bahwa sebanyak 14 maskapai penerbangan telah menangguhkan penerbangan ke Lebanon. Ia mengatakan jumlah penumpang di bandara tersebut menurun sekitar 30 persen hingga 40 persen.

Advertisement

BACA JUGA: Ribuan Demonstran di Roma Desak Israel Hentikan Geneosida di Palestina

"Beberapa maskapai besar menangguhkan penerbangan ke Lebanon, termasuk Swiss International Air Lines, Kuwait Airways, Transavia, Air France, Lufthansa, dan Saudi Airlines," paparnya dikutip Selasa (24/9/2024).

Maskapai penerbangan nasional Lebanon, Middle East Airlines (MEA), menambah penerbangan ekstra untuk mengakomodasi kesenjangan yang disebabkan oleh tidak adanya maskapai lain, ujarnya.

Sedikitnya 182 korban tewas dan 727 orang lainnya terluka akibat serangan udara besar-besaran Israel yang menargetkan beberapa wilayah di Lebanon sejak Senin pagi, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Militer Israel mengatakan telah melancarkan lebih dari 300 serangan udara di Lebanon sejak dini hari, menandai pemboman terberat sejak dimulainya permusuhan pada 8 Oktober lalu.

Ketegangan meningkat antara Hizbullah dan Israel menyusul serangan udara mematikan pada Jumat (20/9) yang menewaskan sedikitnya 45 korban—termasuk anak-anak dan perempuan—serta melukai puluhan orang di pinggiran selatan Beirut.

Hizbullah mengonfirmasi bahwa sedikitnya 16 anggotanya, termasuk pemimpin senior Ibrahim Aqil dan komandan utama Ahmed Wahbi, tewas akibar serangan Israel.

Serangan itu terjadi dua hari setelah sedikitnya 37 korban tewas dan lebih dari 3.000 orang lainnya terluka dalam dua gelombang ledakan perangkat komunikasi nirkabel di Lebanon.

Sementara pemerintah Lebanon dan Hizbullah menyalahkan Israel atas ledakan tersebut, Tel Aviv tidak membantah atau mengonfirmasi keterlibatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kronologi Mobil Boks Tabrak Pohon di Jalan Jogja-Wonosari hingga Pengemudi Meninggal Dunia

Gunungkidul
| Selasa, 24 September 2024, 11:02 WIB

Advertisement

alt

Penasaran Naik Lamborghini di Sirkuit Balap, Ini Simulatornya Pertama di Asia

Wisata
| Senin, 23 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement