Advertisement

Video Detik-detik Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 18 September 2024 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Video Detik-detik Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan Tangkapan layar dampak kerusakan akibat gempa di Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BMKG merilis Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 terjadi di Kab Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024). Kuatnya gempa dirasakan di Majalaya intensitas III-IV MMI, Banjaran III MMI , Lembang, Parompong, Bandung Barat, Baleendah, Garut, Cileunyi II-III MMI.

Gempa di Bandung itu menyebabkan sejumlah kerusakan pada sejumlah bangunan. Sejumlah video yang disebar ke media sosial memperlihatkan beberapa kerusakan bangunan. Tidak hanya rumah warga, sekolah juga terlihat rusak.

Advertisement

Berikut video kerusakan akibat gempa di Bandung pada Rabu (18/9/2024). Video detik-detik gempa di Bandung.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa terjadi pukul 09.41.08 WIB di Kab Bandung. Episenter terletak pada koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 25 km tenggara Kabupaten Bandung.

"Gempa yang terjadi di Bandung merupakan Gempa Kerak Dangkal (shallow crustal earthquake) di kedalaman 10 km. Guncangan paling kuat di Majalaya dalam skala intensitas IV MMI," tuturnya melalui akun @daryonoBMKG, Rabu.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjutnya, gempa di Bandung M4,9 merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Garsela.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal)," ujarnya.

Hingga pukul 10.10 WIB, hasil monitoring BMKG untuk Gempa Kab Bandung M4,9 menunjukkan adanya 5 (lima) aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M3.1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terabas Aturan dan Bahayakan Pengguna Jalan, Banyak Baliho Dibongkar Paksa Satpol PP Bantul

Bantul
| Kamis, 19 September 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement