Advertisement

Momen Haru Imam Besar Istiqlal Cium Kening Paus Fransiskus Dibalas Cium Tangan

Ni Luh Anggela & Oktaviano DB Hana
Kamis, 05 September 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Momen Haru Imam Besar Istiqlal Cium Kening Paus Fransiskus Dibalas Cium Tangan Paus Fransiskus mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sebelum meninggalkan Masjid Istiqlal, Kamis (5/9 - 2024). Ist

Advertisement

Harian.com, JAKARTA — Momen haru Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kening Pemimpin Gereja Katolik Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus dalam pertemuan dengan para pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal, Kamis (5/9/2024).

Berdasarkan pantauan, Rombongan Bapa Suci Paus Fransiskus tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta sekitar pukul 09.02 WIB.

Advertisement

Biarawan Katolik bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kedua bersalaman tangan dan cium pipi serta langsung menuju ke depan Terowongan Silaturahim.

Paus Fransiskus kemudian memberkati Terowongan Silaturahim yang menghubungkan rumah ibadah, yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Sebut Masjid Istiqlal Bukti Konkret Moderasi Beragama di Indonesia

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus memberi pesan khusus bagi Indonesia untuk merawat keberagaman yang ada. Dia secara simbolis menjelaskan fungsi dari Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan dua rumah ibadah besar.

“Terowongan ini dibangun untuk menciptakan hubungan antara dua tempat yang berbeda dan berjauhan. Inilah yang fungsi terowongan: menghubungkan, menciptakan ikatan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Sri Paus menyarankan agar masyarakat berupaya untuk menciptakan hubungan di tengah keberagaman, menumbuhkan ikatan persahabatan, kepedulian, dan timbal balik.

Menariknya, pada pengujung pertemuan tersebut, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kepala Paus Fransiskus yang duduk di kursi roda.

Salam hangat dari Imam Besar Masjid Istiqlal itu pun dibalas Paus Fransiskus. Paus asal Argentina itu menggenggam erat dan mencium tangan Nasaruddin Umar.

Adapun setelah meninggalkan Masjid Istiqlal, Paus dijadwalkan bertemu organisasi sosial di Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Pada sore hari, Paus ke-266 Gereja Katolik ini bakal memimpin Misa Kudus di Stadion GBK dan Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Agenda ini sekaligus menutup kunjungannya di Indonesia, sebelum akhirnya melanjutkan lawatannya ke negara-negara di Asia dan Oseania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muara Kali Progo Dibersihkan, Rencananya Bakal Melibatkan Pandawara Group

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement