Advertisement

Dampak Gempa Jogja, Rumah di Karanganyar Jateng Rusak

Newswire
Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Dampak Gempa Jogja, Rumah di Karanganyar Jateng Rusak Petugas memperlihatkan rumah rusak akibat gempa di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (26/8/2024) malam. (ANTARA - HO/Dokumentasi BPBD Kabupaten Karanganyar).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dampak kerusakan akibat gempa Jogja pada Senin (26/8/2024) pukul 19.57 WIB tidak hanya terjadi di wilayah DIY. Satu rumah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah juga dilaporkan rusak akibat gempa yang terjadi di 95 km barat daya Gunungkidul, dengan kedalaman 30 km itu.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan rumah rusak yang terdampak gempa tersebut ada di Dusun Bendorejo, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih.

Advertisement

BACA JUGA: Rentetan Gempa Susulan di Jogja Masih Terjadi, Hingga Selasa Pagi Ini Tercatat 76 Kali

"Rumah tersebut rusak di bagian dinding atas. Lapisan semen rumah ambrol akibat gempa. Kami pastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut," kata Hendro di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2024)

Ia mengatakan BPBD Karanganyar langsung mendatangi lokasi kejadian setelah menerima laporan dari warga. Menurut dia, petugas BPBD langsung mengecek, mendata, dan melakukan tindakan.

"Jadi saat itu, pemilik rumahnya yang bernama Hartoyono sedang berada di depan televisi, tiba-tiba terjadi guncangan dan bergegas keluar rumah," katanya.

Setelah kembali ke dalam rumah, Hartoyono baru mengetahui ada beberapa bagian di rumahnya yang rusak. Terkait hal itu, dikatakannya, pemilik rumah sudah berkoordinasi dengan warga sekitar untuk melakukan kerja bakti membenahi kerusakan tersebut.

Meski demikian, pihak BPBD tetap melaporkan kejadian tersebut kepada bupati. "Hari ini kami koordinasi dengan Baznas berupaya membantu warga terdampak," katanya.

Sebelumnya, pada keterangan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kekuatan 5.8 SR tersebut tidak berpotensi tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo Akhir Pekan Ini, 14-15 September 2024

Jogja
| Sabtu, 14 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement