Advertisement

Pagelaran Musikal Jiwa Surga Khatulistiwa di Candi Prambanan Angkat Kekayaan Budaya Nusantara

Abdul Hamied Razak
Minggu, 25 Agustus 2024 - 02:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pagelaran Musikal Jiwa Surga Khatulistiwa di Candi Prambanan Angkat Kekayaan Budaya Nusantara Pertunjukan Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa yang digelar di Ramayana Ballet Prambanan, Sabtu (24/8 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pertunjukan Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa yang digelar di Ramayana Ballet Prambanan, Sabtu (24/8/2024).

Pagelaran ini merupakan teater musikal buah karya sanggar Swargaloka yang melibatkan sekitar 120 talenta muda dari sejumlah daerah. Baik dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Jakarta, Jogja, Solo, Bali, maupun Banyuwangi Jawa Timur.

Advertisement

Tak hanya itu, aktor Nicholas Saputra dan Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra juga akan hadir meramaikan acara ini. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi menyaksikan pagelaran tersebut.

BACA JUGA: Pemeran Dodit Kecil Rasakan Pengalaman Mistis Saat Syuting Rumah Dinas Bapak

"Pagelaran Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa menceritakan kisah perjalanan Dewi Supraba yang diutus para Dewa untuk menyelamatkan kahyangan," kata Sutradara dan penulis naskah Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa, Irwan Riyadi sebelum pementasan.

Pertunjukan ini, lanjut Irwan, dikemas dalam bentuk drama musikal kolosal yang dipadu dengan orkestra musik nusantara dengan sentuhan teknologi modern. "Pentas ini menjadi representasi keindahan alam dan kekayaan budaya nusantara, negeri kepingan surga di khatulistiwa," katanya.

Irwan menerangkan guna menarik perhatian generasi muda, pihaknya menyuguhkan kisah-kisah legendaris yang dikemas secara kekinian, memanfaatkan teknologi tanpa meninggalkan akar budaya.

Menurutnya, tradisi tidak pernah mati dan akan tumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Maka, lanjut dia, tafsir-tafsir baru sangat dinantikan agar karya-karya kita bergerak ke depan menyongsong peradaban.

“Kami sangat mengapresiasi kontribusi BCA untuk melestarikan budaya Indonesia dengan mewadahi, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya Indonesia,” kata Irwan.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan pertunjukan tersebut merupakan acara puncak dari kegiatan “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” yang berlangsung pada 22-24 Agustus 2024 di area Candi Prambanan.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, adalah inisiatif dari Bakti BCA untuk memperingati hari kemerdekaan ke-79 Indonesia melalui serangkaian kegiatan yang menampilkan kekayaan budaya dan kuliner Tanah Air. ''Pagelaran ini merupakan wujud komitmen Bakti BCA untuk mendorong generasi muda Indonesia lebih mencintai kebudayaan Nusantara,'' ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Jogja: Politik Uang Tak Melulu Diberi Amplop!

Jogja
| Jum'at, 13 September 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement