Advertisement

Terganjal Kasus Dana Fraksi, Fumio Kishida Mundur dari Pencalonan Ketua Partai dan PM Jepang 2024

Newswire
Kamis, 15 Agustus 2024 - 16:57 WIB
Maya Herawati
Terganjal Kasus Dana Fraksi, Fumio Kishida Mundur dari Pencalonan Ketua Partai dan PM Jepang 2024 Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Terganjal kasus dana fraksi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyatakan mengundurkan diri dari pencalonannya sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (Liberal Democratic Party/LDP). Pemimpin LDP disebut akan menjadi Perdana Menteri Jepang selanjutnya.

Pemilihan pemimpin LDP dijadwalkan akan berlangsung pada September 2024. Awalnya Fumio Kishida bakal ikut dalam pemilihan ini.

Advertisement

Kabar yang beredar sebelumnya seperti dikutip dari Kantor Berita Kyodo, Fumio Kishida disebut tidak akan ikut pemilihan Perdana Menteri Jepang periode kedua.

Rumor yang beredar, Fumio Khisida mengatakan hal itu berkaitan dengan tanggung jawabnya atas skandal yang melibatkan LDP.

"Dalam pemilihan mendatang, penting untuk menunjukkan kepada masyarakat Partai Demokrat Liberal yang baru. Untuk itu, pemilihan yang transparan dan terbuka serta diskusi yang bebas dan terbuka diperlukan, yang melaluinya partai dapat menunjukkan bahwa partai akan berubah," kata Fumio Kishida dalam konferensi pers, Rabu (14/8/2024), yang disiarkan oleh saluran berita NHK.

"Oleh karena itu, langkah pertama yang jelas bagi saya adalah mengundurkan diri. Saya tidak akan berpartisipasi dalam pemilihan ketua [LDP] mendatang," ujar Fumio Kishida.

Fumio Kishida tidak menyebutkan nama individu tertentu sebagai kandidat pilihan untuk pemimpin LDP berikutnya.

"Mereka yang baru saja menyatakan tidak akan mencalonkan diri dalam pemilu harus menahan diri untuk tidak membuat pernyataan apa pun. Saya berharap ketua berikutnya adalah seseorang yang tidak membalikkan upaya reformasi untuk mengatasi masalah seputar dana politik, dan memulihkan kepercayaan dalam politik," kata Kishida kepada wartawan.

Pada September, pemilihan umum akan diadakan untuk memilih ketua baru LDP yang berkuasa, untuk menggantikan posisi Kishida.

Pemenang dalam pemilihan tersebut akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya.

BACA JUGA: Ini Ide Tema Dekorasi 17 Agustus Khusus untuk Panggung dan Lokasi Lomba

Elektabilitas Merosot

Kepercayaan publik terhadap Kishida telah merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir.

Skandal soal dana fraksi LDP yang tidak dilaporkan mengemuka pada akhir 2023, ketika diketahui bahwa lima fraksi dalam partai yang berkuasa diduga menerima uang dari berbagai acara penggalangan dana yang tidak mereka laporkan.

Sejumlah anggota senior LDP telah diperiksa, dan beberapa politikus mengundurkan diri di tengah skandal tersebut. Skandal ini lah yang menjadi ganjalan Fumio Kishida dalam pencalonannya sebagai pemimpin LDP dan pencalonan Perdana Menteri Jepang berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement