Advertisement

Jokowi Bicara Pipa Air Minum IKN Bocor Jelang Kehadirannya di Istana Kepresidenan

Akbar Evandio
Senin, 29 Juli 2024 - 12:57 WIB
Sunartono
Jokowi Bicara Pipa Air Minum IKN Bocor Jelang Kehadirannya di Istana Kepresidenan Proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6 - 2024) / Youtube Setpres\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, NUSANTARA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai pipa jaringan air minum di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mengalami kebocoran saat proses operasi pada Jumat (26/7/2024). Menurutnya kebocoran tersebut merupakan hal biasa dalam proses uji coba hasil proyek.

“Teknis kejadian seperti itu pasti banyak. Karena pembangunan ini, enggak hanya satu dua tahun. Ini bukan pekerjaan satu dua tahun,” katanya kepada wartawan di View Wing Deck atau Dek Observasi Kantor Presiden, Senin (29/7/2024). 

Advertisement

BACA JUGA : Jokowi Ajak Pesohor Tanah Air untuk Meninjau Pembangunan IKN

Berdasarkan laporan video yang diterima tim JIBI/Bisnis Indonesia di IKN, telah dilakukan penggalian ulang pada jaringan pipa transmisi air minum SPAM Sepaku Paket 2 untuk dilakukan penanganan. Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawdijaja, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan penanganan. Dia menjelaskan, kebocoran tersebut merupakan hal biasa dalam proses uji coba hasil proyek.

“Ya itu di situ kan bagian dari running test kalau ada yang bocor [ya diperbaiki], kemarin juga ada yang bermasalah di gas ya akan kita ganti. Artinya itu kan, sama saja kayak kita bangun rumah ada yang sistemnya tidak berfungsi misalkan ada korslet kita ganti,” katanya kepada JIBI/Bisnis, Sabtu (27/7/2024). B

Endra menuturkan, kebocoran jaringan pipa itu tidak akan mengganggu jadwal pelaksanaan seremoni Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di IKN. Pasalnya, kebocoran pipa umumnya mudah untuk ditangani. Berbeda halnya dengan terjadi pecah saluran pipa.

BACA JUGA : Pamit ke Sultan Jogja, Paskibraka Asal DIY Bakal Upacara HUT ke-79 RI di IKN

“Ya saya kira kan bukan pecah pipa kan [jadi tak mengganggu timeline Agustus], pecah pipa kan beda dengan bocor. Kalau bocor kan biasanya di sambungan ada yang kita perkuat lagi seal-sealnya atau kita perkuat lagi joinnya itu hal biasa,” pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, air bersih mulai resmi mengalir di IKN pada Senin (22/7/2024). Hingga saat ini, posisinya masih dilakukan commissioning test untuk memastikan seluruh jaringan sistem berjalan dengan baik. Kementerian PUPR menargetkan pada akhir Juli 2024 proses uji coba tersebut dapat rampung dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pelantikan Pengurus PW DIY, Gus Nabil Haroen Instruksikan Pendekar Pagar Nusa Rutin Sowan Kiai

Bantul
| Senin, 28 Oktober 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement