Advertisement

Jokowi Resmikan Jembatan dan Tol di IKN

Akbar Evandio
Minggu, 28 Juli 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Jokowi Resmikan Jembatan dan Tol di IKN Jembatang Pulau Balang - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. - Foto/Foto: Bisnis Indonesia / Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (28/7/2024) hari ini.

“Kami resmikan infrastruktur pendukung IKN Nusantara, jembatan Pulau Balang yang sebrangi Teluk Balikpapan yang hubungkan kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajem Paser Utara ataupun juga provinsi Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan,” kata Presiden di Kalimantan Timur, Minggu.

Advertisement

Sementara, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN), Danis H. Sumadilaga menyebutkan Jembatan Pulau Balang sudah merupakan perlintasan jalan nasional menuju IKN. "Hari ini sudah siap diresmikan Pak Presiden," kata Danis.

Jembatan Pulau Balang memiliki panjang 804 meter dengan lebar 22,4 meter. Ruas ini mampu menampung kendaraan dalam empat lajur.

Pada bagian tengah jembatan, disangga dengan pylon atau menara jembatan cable stayed 2 x 8 meter yang berfungsi menahan beban struktur dengan rangkaian tiang konstruksi baja.

Adapun, total biaya pembangunan jembatan yang membelah Teluk Balikpapan itu mencapai Rp1,43 triliun dengan masa pelaksanaan pembangunan konstruksi 2015-2021.

Jembatan tersebut terletak di lokasi strategis infrastruktur konektivitas IKN yang berhubungan dengan ruas Tol IKN 3A Tempadung sejauh 13,4 kilometer, koridor 3B sepanjang 7,3 kilometer, koridor 5A sejauh 6,7 kilometer.

BACA JUGA: Bocor Saat Uji Coba, Jaringan Pipa Air Minum di IKN Digali Ulang

Dari Jembatan Pulau Balang, pengendara juga akan melewati Bandara VVIP IKN sisi kiri menuju KIPP IKN. "Yang penting itu konektivitas dari Balikpapan menuju IKN. Kalau selama ini kan kita berputar ke arah Semboja sekitar 2,5 jam. Kalau konektivitas kita siapkan berfungsi memangkas waktu tempuh 1,5 jam lebih cepat, sehingga ada penghematan waktu sekitar 1 jam," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam proses peresmian terlebh dahulu melakukan uji coba dengan mengendarai sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement