Advertisement

Bocor Saat Uji Coba, Jaringan Pipa Air Minum di IKN Digali Ulang

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 27 Juli 2024 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Bocor Saat Uji Coba, Jaringan Pipa Air Minum di IKN Digali Ulang Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jaringan pipa air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) bocor saat diuji coba atau commissioning test, Jumat (26/7/2024).

Berdasarkan laporan video yang diterima tim Bisnis.com jaringan Harianjogja.com, telah dilakukan penggalian ulang pada jaringan pipa transmisi air minum SPAM Sepaku Paket 2 untuk dilakukan penanganan.

Advertisement

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawdijaja, menjelaskan hal ini sudah ditangani Kementerian PUPR. Dia menjelaskan, kebocoran tersebut merupakan hal biasa dalam proses uji coba hasil proyek.

“Ya itu di situ kan bagian dari running test kalau ada yang bocor [ya diperbaiki], kemarin juga ada yang bermasalah di gas ya akan kita ganti. Artinya itu kan, sama saja kayak kita bangun rumah ada yang sistemnya tidak berfungsi misalkan ada korslet kami ganti,” jelasnya, Sabtu (27/7/2024).

Endra menuturkan, kebocoran jaringan pipa itu tidak akan mengganggu jadwal pelaksanaan seremoni Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di IKN. Pasalnya, kebocoran pipa umumnya mudah untuk ditangani. Berbeda halnya dengan terjadi pecah saluran pipa.

“Ya saya kira kan bukan pecah pipa kan [jadi tak mengganggu timeline Agustus], pecah pipa kan beda dengan bocor. Kalau bocor kan biasanya di sambungan ada yang kita perkuat lagi seal-sealnya atau kami perkuat lagi joinnya itu hal biasa,” pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, air bersih mulai resmi mengalir di IKN pada Senin (22/7/2024). Hingga saat ini, posisinya masih dilakukan commissioning test untuk memastikan seluruh jaringan sistem berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Bareskrim Akan Panggil Kepala BP2MI untuk Telusuri Dalang Judi Online Berinisial T

Kementerian PUPR menargetkan pada akhir Juli 2024 proses uji coba tersebut dapat rampung dikerjakan. Sehingga, SPAM Sepaku dapat beroperasi penuh melayani persil dan gedung-gedung di IKN.

Nantinya, SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kemensetneg, Paspampres, kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, Galeri, Service Area, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit.

Adapun, SPAM Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter per detik, pipa transimisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mahasiswa UPN Veteran Jogja Hilang Sejak Juli Lalu, Terakhir Kali Terpantau di Gunungkidul

Sleman
| Minggu, 08 September 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement