Advertisement

Forum Mimbar Muda Menyala Bisa Menjadi Wadah untuk Ikut Membangun Jogja

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 29 Juni 2024 - 02:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Forum Mimbar Muda Menyala Bisa Menjadi Wadah untuk Ikut Membangun Jogja Wakil Ketua KADIN DIY, Wawan Harmawan (tengah) saat mengikuti kegiatan Forum Mimbar Muda Menyala di Jogja, Jumat (28/7 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keterlibatan kalangan mahasiswa untuk ikut membangun Jogja perlu diperhatikan. Saat ini muncul Forum Mimbar Muda Menyala di Jogja yang akan ikut mengawal kebijakan dan menuntaskan permasalahan yang dihadapi Kota Jogja.

Koordinator Komunitas “Muda Menyala” Kinas Putra Arista mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mewadahi aspirasi kaum muda di Kota Jogja terkait isu pendidikan, kebudayaan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Selain itu, Mimbar Jogja bisa menjadi media penghubung antara anak muda Kota Jogja dengan pemangku kepentingan terkait isu yang berkembang. 

Advertisement

BACA JUGA: Student Center UAJY Sarana Kreasi dan Aktualisasi Mahasiswa

"Komunitas Muda Menyala, pengurus dan anggotanya mayoritas merupakan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Jogja. Mimbar menyala akan menjadi forum diskusi antar generasi muda di Kota Jogja terkait isu tersebut," katanya melalui siaran persnya, Jumat (29/6/2024).

Salman, salah seorang mahasiswa UGM mengatakan Kota Jogja harus dipastikan nyaman bagi mahasiswa untuk beraktivitas baik di kampus maupun di luar kampus. Menurut aktivis HMI Jogja ini, kenyamanan menjadi salah faktor utama untuk mendukung keberhasilan mahasiswa dalam menempuh studi.

"Di samping itu, fasilitas publik untuk belajar dan berkreasi di luar kampus bagi mahasiswa juga harus ditambah untuk mendukung Jogja sebagai kota pendidikan," katanya.

Wakil Ketua KADIN DIY, Wawan Harmawan menyambut baik forum tersebut. Menurutnya, keterlibatan kalangan mahasiswa dan pelajar untuk ikut membangun Jogja memang dibutuhkan. Kalangan mahasiswa, misalnya, juga perlu dibekali dengan pengetahuan, wawasan serta pengalaman berwirausaha.

BACA JUGA: Berikut Peringkat 10 Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta

Hal itu, sambung Wawan, bertujuan salah satunya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dia mengatakan, Jogja masih membutuhkan banyak wirausaha muda untuk percepatan pertumbuhan ekonomi. Di samping itu, wirausaha ke depan juga harus disertai dengan kemampuan penguasaan teknologi digital.

“Beberapa tahun terakhir saya memberikan kuliah dan pelatihan kewirausahaan atau enterpreneurship di beberapa kampus di Jogja. Ini salah satu upaya agar muncul banyak wirausaha muda di Jogja,” ungkap Wawan di sela kegiatan Mimbar Jogja.

Kehadiran Mimbar Jogja Muda Menyala, katanya, diharapkan dapat ikut menjawab persoalan-persoalan yang ada di Kota Jogja. Forum tersebut dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sekaligus menyampaikan ide serta gagasan anak muda, termasuk mahasiswa, untuk memecahkan persoalan yang dihadapi oleh Kota Jogja.

"Ya Jogja masih perlu memperbanyak fasilitas bagi pelajar, mahasiswa dan anak muda," kata Wawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalur dan Rute Trans Jogja Keliling Destinasi Wisata: Malioboro hingga Prambanan

Jogja
| Senin, 01 Juli 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement