Advertisement

Pesawat Tecnam P2006T Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

Sholahuddin Al Ayyubi
Minggu, 19 Mei 2024 - 16:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pesawat Tecnam P2006T Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas Ilustrasi pesawat jatuh. Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebuah pesawat jatuh di kawasan BSD, Tangerang Selatan hari ini, Minggu (19/5/2024). Terdapat tiga orang yang berada di dalam pesawat latih tersebut dan dinyatakan tewas.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menjelaskan bahwa pesawat yang jatuh di BSD merupakan pesawat Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia).

Advertisement

Pesawat itu jatuh di daerah BSD, Tangerang Selatan sekitar pukul pukul 14.30 WIB, Minggu (19/5/2024). Dalam pesawat PK-IFP itu terdapat tiga orang, yakni satu orang penerbang, satu orang teknisi (engineer), dan satu orang penumpang.

BACA JUGA: Bus Rombongan Study Tour Sleman Kecelakaan di Bali, Disdik Pastikan Seluruh Penumpang Selamat

"[Ketiga orang tersebut] saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan resminya, Minggu (19/5/2024).

Penjelasan detail mengenai jatuhnya pesawat tersebut akan disampaikan lebih lanjut melalui koordinasi dengan Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Inspektor Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, serta Kepolisian setempat.

Jatuhnya pesawat tersebut menjadi perbincangan karena terdapat warga di sekitaran lokasi kejadian. Video amatir kondisi pesawat setelah jatuh pun beredar di media sosial. Pesawat latih berkode PK-IFP tersebut tampak berkeping-keping setelah jatuh. Namun demikian, penyebab kejadian pesawat jatuh di BSD itu belum bisa dipastikan.

Polda Metro Jaya membenarkan ada pesawat jatuh yang menyebabkan tiga orang meninggal dunia di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan Polres Tangerang Selatan kini tengah melakukan evakuasi terhadap tiga korban jiwa yang dinyatakan meninggal dunia di tempat.

Selain mengevakuasi korban, menurutnya, Polres Tangerang Selatan juga tengah melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut. "Polres Tangsel saat ini sedang melakukan pertolongan terhadap korban sekaligus mengamankan TKP," tuturnya di Jakarta, Minggu (19/5).

BACA JUGA: Rombongan Pelajar SMPN 3 Depok Sleman Terlibat Kecelakaan Saat Study Tour di Bali, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, menurut Ade, pesawat tersebut merupakan pesawat latih milik Indonesia Flying Club yang terbang dari landasan Pondok Cabe Tangerang Selatan. "Jenis pesawatnya PK-IFP. Sementara itu dulu, laporan lengkapnya menyusul," kata Ade.

Ade mengatakan bahwa total korban jiwa saat ini ada tiga orang. Dua orang masih berada di dalam pesawat tersebut dan satu orang korban jiwa lainnya sudah keluar dari pesawat. "Korban tiga orang meninggal dunia, ada dua orang masih d dalam pesawat dan satu tergeletak di luar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pelaku Usaha Peternakan Babi di Bantul Diimbau Urus Izin Lingkungan

Bantul
| Selasa, 25 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement