Advertisement

Gelar Rapat Internal, Jokowi Siapkan Langkah Terkait Perang Iran-Israel

Newswire
Selasa, 16 April 2024 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelar Rapat Internal, Jokowi Siapkan Langkah Terkait Perang Iran-Israel Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). Antara - Bayu Pratama

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan langkah, terkait antisipasi konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini.

"Karena ini menjadi penting dan Bapak Presiden akan mengadakan rapat internal mengenai ini. Tentu kita akan mempersiapkan langkah-langkah Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (15/4/2024) malam.

Advertisement

BACA JUGA: Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

Hal itu disampaikan Airlangga usai halalbihalal dengan para elit politik nasional sekaligus menteri dan pimpinan partai politik di Indonesia. Airlangga menyatakan rapat internal itu dilaksanakan pada Selasa (16/4/2024).

Dia menjelaskan kondisi geopolitik sedang tidak baik-baik saja, apalagi baru pecah perselisihan Iran dan Israel di Timur Tengah. Sehingga dibutuhkan solidaritas politik di dalam negeri.

"Dengan tantangan yang tidak biasa dan tentunya membutuhkan soliditas dari seluruh partai politik menghadapi ketidakpastian dunia ini," harapnya.

BACA JUGA: Siapkan Operasi Perisai Besi, Israel Bakal Serang Balik Iran

Terkait situasi ekonomi, dia mengungkapkan jumlah kapal di Terusan Suez itu ada 17.000 kapal, di Selat Hormus ada 30.000 kapal.

"Sehingga kalau ini terjadi eskalasi, kita tidak membayangkan harga bahan bakar minyak (BBM), naiknya kargo yang berakibat pada kenaikan komoditas, termasuk komoditas pangan," ungkapnya.

Namun Airlangga tetap optimistis hal itu tidak berpengaruh kepada Indonesia, karena fundamental ekonomi kuat. Dia juga berharap politik dalam negeri Indonesia tetap solid di masa transisi pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA dari Stasiun Tugu Jogja, Selasa 30 April 2024

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement