Advertisement

Ini Alasan Polri Tetap Terapkan Contraflow meski Sempat Ada Kecelakaan

Newswire
Jum'at, 12 April 2024 - 06:17 WIB
Sugeng Pranyoto
Ini Alasan Polri Tetap Terapkan Contraflow meski Sempat Ada Kecelakaan Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama. ANTARA - HO / Jasa Marga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Pemerintah tetap menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow saat arus balik Lebaran meski sempat ada kecelakaan yang merenggut nyawa belasan orang saat arus mudik lalu.
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menjelaskan pertimbangannya tetap memberlakukan contraflow arus balik, setelah dilakukan evaluasi pascakejadian kecelakaan lalu lintas di KM 58 saat berlangsung confraflow, yang menewaskan 12 orang.
Ia mengatakan pada saat volume kendaraan di satu penggal jalan mengalami kelebihan daya tampung (over load) atau visiratio (kapasitas jalan dengan jumlah kendaraan) lebih dari 0,8 persen atau mendekati angka 1 persen maka perlu upaya-upaya untuk melakukan penambahan kapasitas jalan.

BACA JUGA: Ungkap Penyebab Kecelakaan Tol Japek, KNKT Nyatakan Granmax Travel Tidak Resmi

Advertisement


“Secara universal di negara manapun, akan melakukan penambahan kapasitas jalan dengan apa? Yaitu dengan contraflow,” kata Aancdi KM 72 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (11/4/2024).
Menurut Aan penerapan contraflow arus balik dilaksanakan dengan mengikuti catatan evaluasi yang disampaikan oleh pemangku kepentingan terkait, termasuk ahli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antrean Panjang Warga Buang Sampah di Depo Mandala Krida Kota Jogja

Jogja
| Selasa, 21 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement