Advertisement

Dirujak Warganet, Baznas Akhirnya Tolak Donasi Rp1 Miliar dari McDonalds Indonesia

Arief Junianto
Senin, 08 April 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Dirujak Warganet, Baznas Akhirnya Tolak Donasi Rp1 Miliar dari McDonalds Indonesia Baznas - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sempat dikritik oleh warganet, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akhirnya resmi tidak menerima donasi zakat dari McDonalds Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Deputi I Baznas RI Bidang Pengumpulan, M. Arifin Purwakananta melalui keterangan resmi yang dikutip dari laman resmi Baznas, Senin (8/4/2024).

Advertisement

"Dengan memperhatikan secara saksama atas kritik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat atas bantuan yang diterima oleh Baznas dari McDonalds untuk Palestina, maka Baznas memutuskan mengambil langkah ini,” ucap dia.

“Baznas juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kecintaan para muzaki dan masyarakat kepada Baznas selama ini. Kami memohon maaf atas kekhawatiran masyarakat dan terus akan memperbaiki diri lebih baik ke depan.”

Hingga kini, Baznas bersama MUI terus menyalurkan sedekah dari masyarakat Indonesia untuk bantuan ke masyarakat Gaza, Palestina. Bantuan yang diterima Baznas telah disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Dalam penyalurannya, Baznas telah bekerja sama dengan tiga lembaga filantropi besar asal Mesir, yakni Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, dan Egyptian Red Crescent Society (ERCS), untuk mempermudah penyaluran bantuan ke Gaza, Palestina.

"Dengan total nilai penyaluran sampai saat ini mencapai Rp43,1 miliar, 56,7 ton natura, dengan penerima manfaat sebanyak 177.881 warga Palestina, dan angka ini masih terus bertambah karena penyaluran bantuan masih terus dilakukan.”

“Terkini, Baznas RI bersama dengan Pemerintah Indonesia dan Yordania mengirimkan bantuan ke Gaza Palestina lewat jalur udara," ucap Arifin.

BACA JUGA: Baznas Distribusikan Makanan untuk Pengungsi Palestina di Gaza

Diketahui, beberapa waktu terakhir, Baznas sempat viral di media sosial karena menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food selaku pemegang lisensi waralaba McDonalds di Indonesia. Penyaluran donasi itu dibagikan dalam berbagai bentuk, termasuk paket buka puasa.

Aksi galang dana ini diumumkan resmi di Instagram @mcdonaldsid. Pada unggahan yang tayang 5 Februari 2024 itu, mereka menegaskan kerja sama dengan Baznas RI untuk menghimpun sedekah selama periode 1-20 Februari 2024.

Tak pelak, kerja sama tersebut menuai hujatan dari warganet. Tak hanya di Instagram, protes juga datang dari warganet di X (sebelumnya Twitter).

Diketahui pula, McDonalds Indonesia sempat mendonasikan bantuan sebesar Rp1,5 miliar melalui Baznas RI. Tetapi saat Harianjogja mengecek di laman resmi Baznas, data tersebut sudah tak ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement