Advertisement

Ganjar Pranowo Sebut Hak Angket Tidak Akan Berjalan Mulus

Surya Dua Artha Simanjuntak
Sabtu, 09 Maret 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Ganjar Pranowo Sebut Hak Angket Tidak Akan Berjalan Mulus Ganjar Pranowo / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 menyebut upaya pengguliran hak angket DPR tidak akan berjalan mulus. Hak angket ini tadinya untuk mengusut dugaan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024

Mantan gubernur Jawa Tengah itu mengaku senang dengan rapat paripurna pembukaan masa sidang DPR pada Selasa (5/3/2024) lalu, ketika tiga fraksi yaitu PKS, PKB, dan PDIP melakukan intrupsi untuk mendorong penggunaan hak angket kecurangan pemilu.

Advertisement

Meski demikian, Ganjar merasa perjalanan masih panjang sebelum hak angket bisa terwujud. Dia meyakini akan ada pihak yang coba menghentikan hak konstitusional milik parlemen itu terealisasi.

"Saya kira [hak angket] nanti tidak berjalan mulus-mulus saja karena pasti ada cerita yang setuju dan tidak setuju, dan kemudian dibikin cerita-cerita yang makin meriah agar hak angket berjalan atau tidak berjalan," ujar Ganjar berikan sambutan secara virtual dalam acara Demos Festival, Sabtu (9/3/2024).

BACA JUGA: Resep Menu Sahur Kenyang Tahan Lama

Dia menjelaskan, partai-partai pendukung hak angket sedang menyiapkan naskah akademik sebagai dasar pengajuannya dan tanda tangan anggota dewan sebagai prasyaratnya. Oleh sebab itu, Ganjar menekankan hak angket merupakan proses panjang. "Sebuah politik interplay [saling coba mempengaruhi] akan terjadi dan kami akan menyiapkan itu semua," jelasnya.

Sebagai informasi, Ganjar memang sosok yang pertama kali mengusulkan penggunaan hak angket DPR untuk usut dugaan kecurangan penyelenggaraan pemilu. Partai politik seperti PDI Perjuangan (PDIP), NasDem, PKS, dan PKB sudah menyatakan kesiapan mendukung usulan hak angket DPR tersebut.

Ganjar menilai, hak angket DPR bisa jadi salah satu upaya untuk meminta pertanggungjawaban para penyelenggara pemilu ihwal dugaan pelaksanaan Pilpres 2024 yang sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement