Advertisement

Hydrogen Refueling Station Jadi Bukti Komitmen PLN Kembangkan Energi Bersih

Newswire
Minggu, 25 Februari 2024 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hydrogen Refueling Station Jadi Bukti Komitmen PLN Kembangkan Energi Bersih Hydrogen refueller dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Jakarta, sebagai inovasi PT PLN Indonesia Power dalam menunjang transisi di bidang transportasi, yang low fuel cost dan ramah lingkungan. ANTARA - HO/PT PLN IP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT PLN (Persero) melalui PT PLN Indonesia Power menjadi garda terdepan menjalankan transisi energi pada sektor otomotif melalui pengembangan Hydrogen Refueling Station (HRS) pertama di Indonesia.

Pengamat Defiyan Cori mengatakan subholding PT PLN itu telah memulai terobosan inovatif dan strategis dengan meresmikan Hydrogen Center dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station di kawasan Senayan Jakarta.

Advertisement

"Hal itu sebagai wujud komitmen bagi pengembangan energi bersih dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045," kata Defiyan melalui keterangannya di Jakarta, Minggu (25/2/2024).

Menurut pengamat konstitusi itu, hal tersebut merupakan perubahan gaya hidup yang tadinya berorientasi pada masa lalu menjadi gaya hidup yang futuristik, berbasis pada sistem digital, lebih hemat dan ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dikatakannya, penggunaan HRS mampu menekan importasi 1,59 juta liter bahan bakar minyak/BBM per tahun. Selain penghematan penggunaan BBM berbasis fosil, penurunan emisi dipastikan terjadi sebesar 4,15 juta kilogram per tahun.

Terobosan yang terkait dengan pengembangan transisi energi ini, tambahnya, memiliki nilai tidak saja dalam pengertian aksi korporasi yang mengejar kinerja BUMN semata, melainkan langkah penting dalam memanfaatkan potensi Sumber Daya energi baru dan energi terbarukan yang tersedia sangat beragam di Tanah Air.

Baca Juga

Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia Siap Dioperasikan

Sel Bahan Bakar Hidrogen Berkinerja Tinggi Dikembangkan Ilmuwan China

Pemerintah Dukung PLN Jadi Pionir Olah Hidrogen Hijau Jadi Energi Alternatif

Dengan dukungan yang kuat dari para pemangku kepentingan, menurut dia, PLN mampu mewujudkan dengan menghadirkan Green Hydrogen Plant di 22 lokasi.

HRS merupakan hilirisasi dari Green Hydrogen Plant (GHP) yang antara lain merupakan residu dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi /PLTP, Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap/PLTGU dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap/PLTU sebagai sumber energi yang selama ini dikenal hanya untuk pembangkit listrik.

Hal tersebut, paparnya, juga membuktikan bahwa PLN telah siap menjadi pemain utama dalam ekosistem energi baru terbarukan. PLN telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk untuk menunjang ekosistem hidrogen mulai dari hulu hingga hilir.

Defiyan berharap, PLN Indonesia Power tidak berhenti berinovasi dalam menjawab tantangan transisi energi, namun harus terus ditingkatkan hingga menjadi andalan pembangkitan listrik di Indonesia.

PLN Indonesia Power telah menjadi pemain lama pengembangan energi hijau seperti penerapan cofiring biomass di PLTU secara masif, kerja sama pembangunan pabrik solar PV serta aksi-aksi lain untuk mengakselerasi transisi energi Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement