Advertisement

Gempa Banten Terasa di Sukabumi, Ini Laporan BMKG Setempat

Newswire
Minggu, 25 Februari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gempa Banten Terasa di Sukabumi, Ini Laporan BMKG Setempat Dampak gempa bumi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SUKABUMI—Gempa berkekuatan 5,7 magnitudo di Kabupaten Bayah, Banten pada Minggu (25/2/2024) terasa hingga Sukabumi, Jawa Barat. Hingga 20.35 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyatakan belum ada informasi maupun laporan adanya bangunan di Kota Sukabumi, Jabar yang rusak akibat terdampak gempa tersebut.

"Dalam mendata dampak dari gempa yang terjadi sekitar pukul 20.07 WIB kami membentuk dua tim. Di mana tim pertama melakukan pemantauan langsung di lapangan dan tim kedua memantau kondisi melalui pesawat radio di Kantor BPBD Kota Sukabumi," kata Kepala BPBD Sukabumi Novian Rahmat saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu malam.

Advertisement

Menurut Novian, getaran gempa M5,7 cukup kencang sehingga membuat panik sebagian warga Kota Sukabumi. Tim reaksi cepat yang tengah bersiaga dan merasakan getaran gempa langsung membagi kelompok untuk memantau perkembangan di lapangan.

Baca Juga

Gempa Berkekuatan 5,8 Magnitudo di Banten, Getaran Terasa di Sukabumi hingga hingga Jakarta

BMKG Sebut Gempa Banten Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

Petugas penanggulangan bencana masih melakukan patroli ke sejumlah permukiman warga untuk memantau sejauh mana dampak dari getaran gempa terhadap kondisi bangunan maupun fasilitas lainnya.

Untuk mempercepat asesmen, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan di tingkat kelurahan yang tujuannya jika ada laporan maupun temuan adanya bangunan yang rusak akibat terdampak gempa bisa segera ditangani.

"Kami masih bersiaga, namun belum ada laporan kerusakan bangunan baik dari petugas yang melakukan patroli maupun informasi yang masuk melalui pesawat radio," tambahnya.

Ia mengimbau warga jika melihat, mengetahui atau terdampak gempa untuk segera melapor, bisa melalui pengurus RT/RW agar bisa cepat mendapatkan penanganan dari petugas yang berada di lapangan.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa M5,7 tersebut berlokasi di 7.61 Lintang Selatan (LS),105.90 Bujur Timir (BT ), 85 km Barat Daya Kabupaten Bayah di kedalaman 10 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement