Advertisement

Ada Peluang Kerja hingga Magang ke Thailand, Ini Bidang yang Ditawarkan

Dwi Rachmawati
Minggu, 18 Februari 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Ada Peluang Kerja hingga Magang ke Thailand, Ini Bidang yang Ditawarkan Ilustrasi Thailand. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjajaki kerja sama dengan Thailand dalam bidang ketenagakerjaan, seperti pertukaran tenaga kerja magang hingga berbagai pelatihan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa banyak peluang yang bisa dikembangkan dalam kerja sama Indonesia dengan Thailand di sektor Ketenagakerjaan.

Advertisement

Misalnya, kata dia, kerja sama program pelatihan dan pemagangan tenaga kerja di kedua negara. "Saya melihat ada banyak peluang pengembangan program pelatihan bersama yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja di masa depan," ujar Ida saat bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (18/2/2024).

Adapun program pelatihan dan pemagangan yang dapat dilakukan kedua negara mencakup bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), ahli logistik, tenaga kesehatan, dan program pelatihan bahasa Thailand bagi calon pekerja migran Indonesia.

Selain itu, kerja sama lainnya berupa skema pertukaran tenaga kerja terampil lewat program magang bersertifikat atau program penempatan kerja.

Ida juga menyebut adanya peluang kerja sama untuk pemetaan kebutuhan tenaga kerja di Thailand dan potensi tenaga kerja terampil dari Indonesia; promosi program penempatan tenaga kerja yang aman bagi kedua negara; serta perlindungan untuk pekerja Indonesia yang bekerja di Thailand. "Saya sangat menghargai berbagai informasi dan wawasan mengenai kebutuhan tenaga kerja di Thailand," ucapnya.

BACA JUGA: Penempatan Tenaga Kerja Antar Daerah Tahun Ini Sepi

Ida menambahkan, lewat kerja sama bidang ketenagakerjaan yang berkelanjutan diharap dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil di kedua negara, bahkan di kawasan ASEAN.

"Saya yakin kita mampu mencapai tujuan bersama. Saya harap kerja sama di bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan Thailand bisa terus berkembang di masa depan," kata Ida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement