Advertisement

Unik, India Pasang Prajurit Lebah untuk Jaga Perbatasan dengan Bangladesh

Lajeng Padmaratri
Kamis, 15 Februari 2024 - 16:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, India Pasang Prajurit Lebah untuk Jaga Perbatasan dengan Bangladesh India pasang sarang lebah di perbatasan dengan negara Bangladesh. - Getty Images

Advertisement

Harianjogja.com, AGARTALA—Jika perbatasan antar negara biasanya berupa pos dinas tentara, maka India punya tambahan cara yang unik untuk jaga perbatasan. Negara itu memasang ‘prajurit lebah’ di sepanjang perbatasan India dengan Bangladesh.

Sarang lebah dipasang sepanjang 4.096 km perbatasan negara India dengan Bangladesh. Rupanya, ada alasan khusus hal ini dilakukan. 

Advertisement

BACA JUGA: Harga Tiket dan Jam Operasional Tempat Wisata Puncak Becici

Dilansir dari Russian Today, Pasukan Keamanan Perbatasan India (BSF) telah memasang sarang lebah di perbatasan untuk mencegah penyelundupan ternak dan kejahatan lainnya. Selain itu, upaya ini sekaligus menyediakan mata pencaharian bagi penduduk pedesaan.

Kotak lebah ditempatkan di pagar perbatasan secara berkala di wilayah Benggala Barat yang rawan penyelundupan, kata seorang pejabat kepada kantor berita PTI. Inisiatif datang dari batalion ke-32 BSF.

Pemerintah India memandang kejahatan lintas batas dan imigrasi ilegal di sepanjang perbatasan dengan Bangladesh sebagai masalah besar. Di distrik Nadia di Benggala Barat, tempat sarang lebah dipasang, penyelundupan ternak, emas, perak, dan narkotika merajalela. Mereka menambahkan bahwa penjahat sebelumnya telah melintasi pagar dengan mencoba memotongnya. Sehingga, pemasangan sarang lebah dianggap perlu jadi upaya tambahan.

Pejabat BSF telah memperingatkan bahwa serangan kawanan lebah dapat “melukai serius” siapa pun yang mencoba melintasi perbatasan secara ilegal. 

BACA JUGA: Kopi Campur Cabai, Paduan Minuman Unik yang Populer di China

Ide tersebut dicetuskan oleh Sujeet Kumar, komandan batalion ke-32 BSF. Ia mengatakan kepada PTI bahwa ia terinspirasi oleh 'Program Desa Bersemangat' milik pemerintah India, yang berfokus pada ide-ide inovatif untuk menghasilkan mata pencaharian di tingkat desa.  

BSF telah berkolaborasi dengan kementerian terkait yang mempromosikan pendidikan dan penelitian di bidang ayurveda, yoga, naturopati, dan sistem pengobatan kuno lainnya. Kementerian memasok sarang lebah dan membekali personel BSF dengan keahlian tentang cara memasang sarang lebah di sepanjang perbatasan.

Kementerian juga menyediakan tanaman obat berbunga yang ditempatkan di sekitar kotak lebah kepada petugas keamanan, sehingga lebah dapat melakukan penyerbukan dalam jumlah besar. Kemudian, pasukan keamanan akan memastikan bahwa peternak lebah lokal dapat mengakses sarangnya untuk untuk kesejahteraan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Russian Today

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement