Advertisement

12 Pasien Cacar Monyet di Jakbar Sembuh, Dinkes Kurangi Jumlah Vaksinasi

Newswire
Rabu, 10 Januari 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
12 Pasien Cacar Monyet di Jakbar Sembuh, Dinkes Kurangi Jumlah Vaksinasi Monkeypox atau cacar monyet. - Foto/CDC

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mengungkapkan 12 pasien cacar monyet di wilayah tersebut dinyatakan sembuh. Secara detail, 11 pasien dinyatakan sembuh pada 9 Desember 2023 dan satu pasien terakhir kini sembuh.

Jumlah pasien sembuh di wilayah tersebut bertambah setelah per 9 Desember 2023, dinyatakan 11 pasien penyakit tersebut dinyatakan sembuh. "(Sebanyak) 12 pasien. Ya sudah sembuh

Advertisement

semua," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat Erizon Safari kepada pers di Jakarta pada Rabu (10/1/2024).

Ia mengatakan kasus cacar monyet (monkeypox) sempat bertambah satu kasus pada pertengahan Desember 2023 setelah 11 kasus per 9 Desember 2023. "Pertengahan Desember (2023) sudah 12 (kasus)," kata Erizon.

Saat ini vaksinasi penyakit tersebut mulai dikurangi karena kasus yang semakin berkurang. "Iya (kasus semakin berkurang). Vaksin juga sudah sedikit (diberikan)," kata Erizon.

Baca Juga

Tenang, Daya Penularan Cacar Monyet Tak Sepesat COVID-19

Langkah Pemkot Jogja Cegah Masuknya Cacar Monyet

Kulonprogo Mewaspadai Persebaran Cacar Monyet

Sebelumnya, mengenai langkah pencegahan cacar monyet, Erizon tetap mendorong masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Pencegahan yang bisa kita lakukan adalah PHBS. Dari dulu gitu cara kita menghadapi penyakit-penyakit menular kayak gini, cuci tangan, menghindari kontak orang sakit," kata Erizon pada Sabtu (9/12/2023).

Untuk warga yang melakukan kontak langsung dengan pasien, dia mengajukan untuk melakukan vaksinasi ke Puskesmas terdekat. "Ya kalau untuk orang-orang yang potensial berisiko, yang kontak langsung, dianjurkan untuk vaksinasi," ungkap Erizon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gangguan Kesehatan Mental Kerap Dialami Anak Muda, Kebanyakan Masalah Bermula dari Rumah

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement