Advertisement

Dua Orang Ini Bayar PSK Menggunakan Uang Palsu

Newswire
Jum'at, 05 Januari 2024 - 23:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dua Orang Ini Bayar PSK Menggunakan Uang Palsu Ilustrasi uang palsu (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, TANGERANG—Pelaku pengedar uang palsu (upal) ditangkap di di Sentiong, Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten. Pelaku menggunakan upal tersebut untuk membayar pekerja seks komersil (PSK).

Kapolsek Balaraja AKP Badri Hasan di Tangerang, mengatakan awal kasus itu terungkap atas laporan masyarakat terkait dengan peredaran uang palsu pecahan Rp50.000 di Pasar Sentiong, Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, pada Selasa (2/1/2024).

Advertisement

"Kemudian kami melakukan pengecekan ke TKP, lalu dilanjutkan dengan penyelidikan dan pengembangan. Akhirnya dua tersangka berinisial S dan M berhasil diamankan," jelasnya.

Ia mengungkapkan atas pengakuan kedua pelaku, uang palsu yang mereka miliki itu hanya digunakan untuk membayar seorang PSK yang ada di Pasar Sentiong.

Baca Juga

Hati-Hati! Uang Palsu Kini Ditawarkan secara Daring

Bikin Geger karena Dikira Edarkan Uang Palsu di Gunungkidul, Perempuan Ini Ternyata Bayar Pakai Uang Mainan

Beli Camilan Pakai Uang Palsu di Berbah Sleman, Pria Ini Diringkus Polisi

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kedua pelaku dan barang bukti, untuk mengungkap jaringan pengedar uang palsu tersebut sampai ke akar-akarnya.

"Supaya bisa terungkap dengan jelas siapa-siapa dalang dan pembuat uang palsu tersebut sehingga perkaranya lebih terang dan dapat diajukan ke meja persidangan," katanya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 36 ayat (2) dan ayat (3) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang.

Ia pun mengimbau masyarakat  agar lebih waspada dan berhati-hati jika menerima uang kertas. "Pastikan dulu uang tersebut palsu atau bukan dengan cara melihat lebih jelas, diraba dan diterawang bagian dari uang tersebut agar tidak keliru dengan yang sesuai aslinya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Manfaatkan Kereta Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement