Advertisement

Kasus Aiman Witjaksono 'Polisi Tak Netral' Naik ke Penyidikan

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 29 Desember 2023 - 10:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kasus Aiman Witjaksono 'Polisi Tak Netral' Naik ke Penyidikan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono mengklarifikasi pernyataannya yang dianggap menyinggung ketidaknetralan polisi pada Pemilu 2024. - Instagram @aimanwitjaksono

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Status perkara Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional alias TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono naik ke tahap penyidikan. Kasus ini bergulir setelah Aiman menyinggung soal netralitas Polri pada Pemilu 2024 ke penyidikan.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Ade Safri Simanjuntak mengatakan peningkatan status tersebut berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan pihaknnya pada Kamis (28/12/2023). "Melakukan gelar perkara untuk perkara AW, [hasilnya] naik sidik," kata Ade saat dikonfirmasi, Jumat (29/12/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Sah! Jokowi Keluarkan SK Pemberhentian Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

Ade menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah pemanggilan terhadap saksi untuk dimintai keterangan. Hanya saja, dia tidak merinci kapan rencana pemanggilan tersebut. "Nanti, nanti kita update [rencana tindak lanjutnya]," tambahnya.

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya telah memeriksa 26 saksi pada kasus tersebut. Saksi yang diperiksa mulai dari ahli hingga pihak yang mendukung Aiman.

Sementara itu, pasal yang dipersangkakan kepada Aiman di antaranya Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 ayat (2) UU RI No.19/2016 tentang perubahan atas UU RI No.1/2008 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 UU RI No.1/1946 tentang peraturan hukum pidana.

Dalam pemeriksaan sebelumnya pada (5/12/2023), Aiman mengaku dirinya telah dicecar sebanyak 60 pertanyaan oleh tim penyidik Polda Metro Jaya soal pernyataannya yang menyinggung Polri dalam konferensi pers di TPN Ganjar-Mahfud.

BACA JUGA: Usai Jokowi dan Anies, Giliran Ganjar-Mahfud ke Banyuwangi

“Jadi berita acara klarifikasi sudah saya jawab, ada sekitar 60 pertanyaan, sekitar 5,5 jam, tadi ada istirahat juga untuk ishoma dan kemudian alhamdulillah malam ini selesai," kata Aiman kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Senin 29 April 2024

Bantul
| Senin, 29 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement