Advertisement

Natal 2023, Polri Beri Pengamanan di 39.495 Gereja di Seluruh Indonesia

Newswire
Minggu, 24 Desember 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Natal 2023, Polri Beri Pengamanan di 39.495 Gereja di Seluruh Indonesia Ilustrasi natal (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Total sebanyak 39.495 gereja di seluruh Indonesia diberikan pengamanan oleh Polri. Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengamanan ini termasuk dalam kegiatan Operasi Lilin Nataru 2023 sebagai upaya memastikan seluruh rangkaian Natal hingga Tahun Baru 2024 berjalan dengan lancar.

"Untuk hari ini ada kurang lebih 39.495 gereja yang saat ini kita amankan. Tentunya itu berada di seluruh Indonesia," kata Listyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Advertisement

Mantan Kabareskrim itu juga menyebutkan, sebanyak 55.095 kegiatan terkait Natal telah dilaporkan kepada pihaknya. Dengan demikian, Kapolri menegaskan seluruh kegiatan itu bakal dikawal oleh kepolisian.

"Sementara ada kurang lebih 55.095 kegiatan ibadah Natal yang telah dilaporkan, dan ini juga tentunya menjadi bagian yang harus kita amankan," tambahnya.

Lebih jauh, Listyo juga mengapresiasi organisasi masyarakat Islam, termasuk NU hingga Muhammadiyah yang telah membantu melaksanakan kegiatan pengamanan pada perayaan Natal 2023.

BACA JUGA: Libur Natal dan Tahun Baru, Dalam 4 Jam 2 Ribu Kendaraan Melewati Tol Jogja-Solo Fungsional

"Ada Ormas dari NU, Muhammadiyah, dan Ormas-ormas keagamaan lain. Ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan tanpa memandang agama dan suku. Semuanya ikut dalam kegiatan pengamanan ibadah," pungkasnya.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa perbedaan di Indonesia dapat membangun kebersamaan seiring dengan sikap toleransi atau memahami satu sama lain.

"Dengan berbasiskan itulah kemajemukan Indonesia, kebhinekaan Indonesia akan jadi mozaik yang indah. Bukan yang tercerai berai. Tapi menjadi sebuah mozaik yang indah, dan lem perekatnya adalah kesatuan dan persatuan yang terus kita kumandangkan bersama," kata Effendy di Gereja Katedral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wawan Harmawan Mengembalikan Formulir Pendaftaran Calon Wali Kota ke PDIP Jogja

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement