Advertisement

Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 1,2 Km

Newswire
Kamis, 07 Desember 2023 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 1,2 Km Gunung Ibu. Ist - antara

Advertisement

Harianjogja.com, MALUKU—Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekam letusan yang meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter di Gunung Ibu yang berlokasi di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Efrita Lusy Andriany Saragih mengatakan erupsi itu terjadi pukul 11.17 WIT, yang terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 90 detik. "Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara," kata Efrita dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Menurut PVMBG, tingkatan kebencanaan vulkanik Gunung Ibu saat ini masih berstatus level II atau siaga.

Advertisement

BACA JUGA: Halmahera Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

Masyarakat yang berada di sekitar gunung api tersebut agar tidak beraktivitas dalam radius 2,0 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Sejak 1 Januari sampai 7 Desember 2023, Gunung Ibu tercatat telah mengalami erupsi dengan jumlah letusan tercatat sebanyak 60 kali.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Bantul
| Minggu, 25 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement