Advertisement

Pemprov Jateng Berkolaborasi Membangun Kampung Seni Kujon, Lengkapi Magnet Wisata Candi Borobudur

Media Digital
Senin, 23 Oktober 2023 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Pemprov Jateng Berkolaborasi Membangun Kampung Seni Kujon, Lengkapi Magnet Wisata Candi Borobudur Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kantor Gubernur, Kamis (19/10/2023). - ist - Humas Jateng

Advertisement

SEMARANG—Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kawasan Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang akan mulai dilakukan. Rencananya, groundbreaking, peletakan batu pertama pembangunannya dilaksanakan pada akhir November 2023.

"Insyaallah di akhir November 2023, rencana tadi sudah kita sepakati, untuk dilaksanakan groundbreaking [peletakan batu pertama] Kampung Seni Borobudur," tutur Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M., seusai memimpin Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Kampung Seni Kujon di Kantor Gubernur, Kamis (19/10/2023).

Advertisement

Kampung seni yang dibangun di atas lahan 10,74 hektar itu, berjarak 1,5 km dari Candi Borobudur. Nantinya Kampung Seni Kujon akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti amphitheater, museum, pasar seni cendera mata, kuliner, parkir, dan shuttle atau antar-jemput. Destinasi ini diyakini akan menjadi magnet wisata yang melengkapi keberadaan Candi Borobudur.

"Jadi Borobudur ini merupakan destinasi wisata unggulan. Selama ini, kunjungan-kunjungan wisatawan-wisatawan lokal dan mancanegara sudah sangat tinggi, sehingga perlu dibuatkan lokasi lagi, tidak semua fokus di Candi borobudur," kata Pj Gubernur.

Sementara itu, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan menambahkan, Kampung Seni Kujon nantinya dapat menampung hingga ribuan pedagang yang saat ini berada di zona 2 Candi Borobudur.

Setelah pembangunannya selesai, para pedagang di zona 2 akan dipindahkan ke lokasi tersebut. Konsep pemindahan itu, rencananya disertai pula dengan peningkatan fungsi area. 

“Jadi nanti di zona 2 akan bersih, dan akan membuat experience [pengalaman] yang nyaman buat pengunjung yang datang ke Borobudur. Nanti pintu masuk, semuanya ada di Kampung Seni Borobudur, di daerah Kujon," kata Febrina. 

BACA JUGA: Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Mengaku Sudah Menemui Puan Maharani

Nantinya pengunjung yang menuju Candi Borobudur akan menggunakan kendaraan elektrik, sehingga tidak ada lagi kendaraan di wilayah zona 2 seperti saat ini. Harapannya lingkungan Candi Borobudur menjadi lebih bersih, hijau, dan nyaman.

Pembangunan Kampung Seni Kujon, beber Febrina, direalisasikan dengan kolaborasi sejumlah pihak. Salah satunya Pemprov Jateng yang menanamkan investasi untuk pembelian tanah masyarakat. Selain itu, ada tanah desa yang akan dibentuk guna pengelolaan bersama.

"Jadi Kampung Seni ini, ada sebuah joint venture company [usaha patungan/gabungan], dimana masyarakat, pemerintah desa, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan TWC [Taman Wisata Candi] ada di dalamnya. Insyaallah, semangat kami untuk memberikan impact social [dampak sosial] yang positif, kepada masyarakat Desa Borobudur bisa segera terwujud," katanya. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disdukcapil Bantul Upayakan Kemudahan Perekaman E-KTP untuk Penyandang Disabilitas

Bantul
| Senin, 29 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement