Advertisement

Anggota KKB Pembakar Sekolah di Papua Ditangkap, Usianya Baru 20 Tahun

Anshary Madya Sukma
Senin, 25 September 2023 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Anggota KKB Pembakar Sekolah di Papua Ditangkap, Usianya Baru 20 Tahun Update KKB Papua /Handout melalui REUTERS - File Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Satu orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Kabupaten Puncak Papua Pegunungan ditangkap oleh Satuan Tugas Damai Cartenz 2023. Tersangka baru berusia 20 tahun.

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno, mengatakan Satgas Damai Cartenz berhasil mengamankan 1 orang KKB di Ilaga Kabupaten Puncak dengan inisial AK (20).

Advertisement

"Kami telah berhasil mengamankan 1 orang anggota KKB di Ilaga atas nama A.K alias Artis jenis kelamin laki-laki beralamat Kampung Manggume Distrik Pomukia Kab. Puncak," kata Bayu dalam keterangannya, dikutip Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan bahwa penangkapan dilakukan pada Kamis (21/9/2023) dengan mengamankan sejumlah barang bukti dari tas hingga telepon genggam.

"Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa 1 buah tas kecil, 3 buah kalung manik-manik, 1 buah botol minuman, 1 buah handphone merk Oppo, 1 buah pisau carter, 1 buah kalung besi dan 1 buah kalung mainan warna kuning," imbuhnya. 

BACA JUGA: Jelang Tenggat Pengosongan Lahan Pulau Rempang, Pemerintah Diminta Tepati Janji

Adapun, peran uang dilakukan oleh AK yaitu telah melakukan pembakaran rumah warga dan basecamp PT Unggul. Bahkan, pada Kamis (17/8/2023) AK telah melakukan pembakaran sekolah negeri di Ilaga.

"Berdasarkan hasil pemeriksaaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan bascamp PT. Unggul (23/05/2023) yang lalu, peran yang kedua terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu," pungkasnl Bayu.

Sementara itu, hingga saat ini yang bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan di Polres Puncak untuk pengembangan lebih lanjut.

Di sisi lain, Kepala Satuan Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani mengatakan, Satgas Ops Damai Cartenz akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya.

"Kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua" uja Faizal.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Minggu 28 April 2024: Cerah Berawan!

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement