Advertisement

Perkuat Kinerja Usaha Peternak Unggas, Amartha Berkolaborasi dengan BroilerX

Abdul Hamied Razak
Kamis, 24 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Perkuat Kinerja Usaha Peternak Unggas, Amartha Berkolaborasi dengan BroilerX Business Head of Partnership Lending Amartha Adityo Putranto (kanan) CEO of BroilerX Prastyo Ruandhito saat penyaluran modal secara simbolis di Jambuluwuk Malioboro Hotel Jalan Gajah Mada Pakualaman Kota Jogja, Kamis (24/8 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk memperkuat penyediaan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM akar rumput, Amartha berkolaborasi dengan BroilerX. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyalurkan modal produktif kepada para peternak unggas di Jawa.

Business Head of Partnership Lending Amartha Adityo Putranto menyampaikan Amartha senantiasa mendukung transformasi digital di pedesaan untuk memajukan ekonomi informal.

Advertisement

“Bersumber dari komitmen memberikan kesempatan mendapatkan akses peningkatan kualitas ekonomi, Amartha melakukan kolaborasi berupa penyaluran modal produktif kepada peternak unggas di Pulau Jawa,” ujarnya saat penyaluran modal secara simbolis di Jambuluwuk Malioboro Hotel Jalan Gajah Mada Pakualaman Kota Jogja, Kamis (24/8/2023)

BACA JUGA: Tingkatkan Kesejahteraan Peternak, Girikerto Terapkan Closed-Loop Kambing Perah

Dia mengatakan, BroilerX dipilih sebagai mitra untuk berkolaborasi mengingat perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pengelolaan peternakan unggas itu sudah memiliki banyak jaringan peternak unggas.

Adityo menjelaskan, sejak berdiri tahun 2010 diawali dari Bogor hingga kini Amartha berkembang pesat. Awalnya lembaga keuangan tersebut hanya khusus melayani UMKM di pedesaan yang memiliki usaha tradisional.

"Fokusnya kepada kaum ibu dengan cara membentuk kelompok terdiri sepuluh sampai 20 orang setiap kelompok," katanya.

Seiring perkembangan zaman saat ini sudah ada 30 bank yang menjalin kerja sama dengan Amartha, menyusul pada tahun 2016 Amartha resmi bertransformasi menjadi fintech.

Dia menambahkan, hingga tahun 2023 tercatat Amartha sudah menjangkau lebih dari 55 ribu UMKM akar rumput serta mempekerjakan hampir 8 ribu bisnis partner yang bertugas memberikan pendampingan.

BACA JUGA: Ribuan Ternak di Semanu Gunungkidul Divaksin Antraks

Selain itu, juga tercatat tidak kurang Rp12 triliun modal usaha telah disalurkan ke UMKM akar rumput untuk 1,6 juta orang. Dari total jumlah itu tercatat 65% bergerak di sektor perdagangan dan 35% di bidang agrikultur.

CEO of BroilerX Prastyo Ruandhito mengapresiasi Amartha atas kolaborasi tersebut. Kolaborasi dengan Amartha, diyakini dapat menunjang kinerja BroilerX. Selanjutnya, kata dia, peternak yang bergabung dengan BroilerX akan diseleksai dan divalidasi untuk menerima modal.

"Setelah data valid baru dilaksanakan asesmen bersama dengan Amartha. Kami tentu akan menyeleksi dengan baik," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Hari Ini Selasa 7 Mei 2024: Giliran Sleman, Bantul, dan Gunungkidul

Jogja
| Selasa, 07 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement