Advertisement

Hukuman Pengkritik Putin Diperberat, Berikut Profil Alexei Navalny

Nizar Fachri Rabbani
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 11:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Hukuman Pengkritik Putin Diperberat, Berikut Profil Alexei Navalny Demonstran pro-Navalny berdiri dengan spanduk di depan kedutaan Rusia saat mereka memprotes menuntut pembebasan tokoh oposisi terkemuka Rusia Alexei Navalny yang dipenjara. Pengadilan Rusia telah menjatuhkan hukuman 19 tahun penjara kepada Alexei Navalny pada Jumat (4/8/2023). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, berharap untuk melihat hukuman penjaranya diperpanjang hampir dua dekade pada Jumat (4/8/2023) ketika pengadilan memberikan putusannya atas serangkaian dakwaan baru terhadapnya.

Pengadilan Rusia menambah hukuman politisi oposisi Rusia yang dipenjara Alexei Navalny selama 19 tahun hukuman penjara pada Jumat (4/8/2023) dalam kasus kriminal yang dia dan pendukungnya katakan dibuat-buat untuk membuatnya tetap di balik jeruji besi dan keluar dari politik lebih lama lagi.

Advertisement

BACA JUGA: Rusia Jatuhkan Tiga Drone Ukraina yang Mencoba Serang Moskow

Dilansir dari Channel News Asia, berikut profil dan perjalanan Navalny dalam mengkritik Vladimir Putin.

Navalny, 47, sejauh ini adalah tokoh paling terkenal di oposisi Rusia yang terpecah dengan para pendukung yang memilihnya sebagai “Nelson Mandela” yang suatu hari akan dibebaskan dari penjara untuk memimpin negara.

Russia menggambarkannya sebagai orang yang tidak relevan secara politik dan Presiden Vladimir Putin menegaskan untuk tidak pernah menyebut namanya.

Navalny mendapat kekaguman dari seluruh dunia karena secara sukarela kembali ke Rusia pada tahun 2021 dari Jerman, tempat dia menjalani perawatan untuk apa yang ditunjukkan oleh tes laboratorium Barat sebagai upaya untuk meracuninya dengan agen saraf di Siberia. Dia pun langsung ditangkap saat tiba.

Sebagai mantan pengacara, Navalny menjadi terkenal dengan situs yang mengungkap korupsi besar-besaran di Rusia yang sering ia sebutkan dalam situsnya. Dia mengatakan negara itu diperintah oleh penjahat dan pencuri.

Dia mengambil bagian dalam pawai nasionalis Rusia pada tahun 2000-an dan menyuarakan pandangan antiimigran. Pada 2007, ia dikeluarkan dari partai oposisi liberal, Yabloko.

Ketika demonstrasi menentang Putin berkobar pada Desember 2011, dia adalah salah satu pemimpin protes pertama yang ditangkap. 

Pada 2013, dia mencalonkan diri sebagai walikota Moskow dan memenangkan 27 persen suara meskipun mendapat sedikit. Sejak itu, dia dilarang mencalonkan diri dengan berbagai alasan.

Navalny dan timnya telah mencerca Putin dan memproduksi video apik yang ditonton jutaan kali di YouTube untuk mengungkap gaya hidup mewah elit Rusia.

Navalny telah lama meramalkan bahwa Rusia dapat menghadapi gejolak politik seismik, termasuk revolusi karena dia mengatakan Putin telah membangun sistem pemerintahan pribadi yang rapuh yang bergantung pada penjilat dan korupsi.

Komentar Rusia 

Kremlin telah menolak klaim Navalny tentang korupsi dan kekayaan pribadi Putin. Gerakannya dilarang dan sebagian besar sekutu seniornya telah melarikan diri dari Rusia.

Pejabat Rusia menggambarkannya sebagai seorang ekstremis dan boneka Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat.

Navalny telah ditahan berkali-kali karena mengorganisir demonstrasi publik dan diadili berulang kali atas tuduhan korupsi, penggelapan, dan penipuan. Dia mengatakan tuduhan dan hukuman itu bermotif politik.

Navalny Sempat Diracun

Pada Agustus 2020, Navalny jatuh sakit dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow.

Pilot melakukan pendaratan darurat, menyelamatkan nyawanya, dan Navalny diterbangkan ke Berlin, tempat dia dirawat karena efek racun saraf yang disebut oleh tes laboratorium di tiga negara sebagai Novichok, racun yang dikembangkan di Uni Soviet.

Investigasi media bersama mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi tim pembunuh dari dinas keamanan FSB Rusia.

Navalny saat ini menjalani hukuman total 11 setengah tahun di penjara IK-6 di Melekhovo, sekitar 235 km timur Moskow. Dia dihukum karena penipuan dan tuduhan lain yang menurutnya dibuat-buat untuk membungkamnya.

Di penjara itu, dia telah berulang kali ditempatkan dalam waktu lama di sel hukuman kecil yang sempit karena pelanggaran ringan seperti mencuci muka di waktu yang salah.

Dia menggambarkan harus berdiri atau duduk di bangku besi selama 16 jam sehari. Namun, layanan penjara mengatakan dia diperlakukan seperti narapidana lainnya.

Keluarga Navalny

Navalny menikah dengan Yulia Navalnaya. Mereka memiliki seorang putri, Darya (Dasha), seorang mahasiswa di Universitas Stanford di Amerika Serikat, dan seorang putra, Zakhar.

Perang Rusia-Ukraina

"Ini adalah perang bodoh yang dimulai oleh Putin dan perang ini dibangun di atas kebohongan," kata Navalny dalam sidang pengadilan tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gondol Uang Warung di Jalan Srandakan, Warga Banjarnegara Digelandang Polisi

Bantul
| Jum'at, 10 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement