Advertisement

Prancis Mencekam! Rumah Wali Kota Diserang, Istri dan Anak Jadi Korban

Szalma Fatimarahma
Minggu, 02 Juli 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Prancis Mencekam! Rumah Wali Kota Diserang, Istri dan Anak Jadi Korban Seorang petugas polisi Prancis berjaga di samping kendaraan yang dibakar pada malam bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi di Nanterre, pinggiran Paris, Prancis, 1 Juli 2023. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rumah milik Wali Kota L’Hay-les-Roses, Vincent Jeanbrun diserang oleh massa yang memprotes penembakan remaja berumur 17 tahun Nahel M di Paris, Prancis.  

Penyerangan tersebut terjadi pada 01.30 waktu setempat. Jeanburn yang masih berada di Balai Kota L’Hay-les-Roses menerima laporan bahwa perusuh mulai menabrak mobil mereka ke tempat tinggalnya. 

Advertisement

Selanjutnya, massa mulai membakar rumah milik Wali Kota L’Hay-les-Roses, yang saat itu hanya ditempati oleh istri dan kedua anaknya yang masih kecil.  “Saat berusaha melindungi anak-anak dan melarikan diri dari penyerang, istri saya dan salah satu anak saya terluka,” ujarnya dikutip dari CNN, Minggu (2/7/2023). 

Sementara itu, melalui akun Twitter @VincentJeanburn, Jeanburn mengaku tak memiliki kata-kata yang cukup kuat untuk menggambarkan perasaannya saat ini. 

Menurutnya, aksi penyerangan yang menimpa keluarganya itu dapat diklasifikasikan sebagai sebuah upaya pembunuhan.

BACA JUGA: Kerusuhan Prancis: 1.300 Orang Ditangkap, 700 Toko Dijarah

Namun demikian, meski diselimuti kekecewaan, Jeanburn tetap menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh aparat kepolisian dan layanan penyelamatan atas bantuan di tengah memanasnya situasi di berbagai kota di Prancis. 

Seperti diketahui, kerusuhan besar di Paris, Prancis semakin memanas imbas penembakan remaja berusia 17 tahun hingga tewas pada Selasa, (27/6/2023). 

Mengutip dari Channel News Asia, Minggu (2/7/2023), remaja bernama Nahel M itu ditembak dari jarak dekat setelah tidak menghiraukan imbauan pihak kepolisian untuk menepi dan memarkirkan mobilnya. 

Pihak kepolisian meminta Nahel untuk menepi lantaran remaja keturunan Afrika Utara ini telah mengendarai mobil di jalur busway

Jaksa penuntut umum Pascal Prache mengatakan Petugas polisi tersebut mengakui telah melepaskan tembakan karena khawatir dia atau orang lain akan terluka setelah remaja tersebut diduga melakukan beberapa pelanggaran lalu lintas. 

Pengacara petugas Laurent-Franck Lienard mengatakan bahwa kliennya membidik ke arah kaki pengemudi namun terbentur, sehingga dia menembak ke arah dadanya. "Dia harus dihentikan, tetapi jelas (petugas) tidak ingin membunuh pengemudi," kata Lienard. 

Kini, petugas polisi tersebut telah ditahan untuk menenangkan para demonstran. Di sisi lain, Jaksa Prache mengatakan remaja bernama Nahel itu sudah dikenal oleh polisi karena beberapa kali melanggar aturan lalu lintas. 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement