Advertisement

Desa Jadi Garda Terdepan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat

Nina Atmasari
Kamis, 15 Juni 2023 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Desa Jadi Garda Terdepan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun. - Ist

Advertisement

KOTA MUNGKID—Bupati Magelang Zaenal Arifin menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun di D'kaliurang Resort and Convention, Pakem, Sleman, Rabu (14/6/2023).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, sejak terbitnya Undang-Undang Desa nomor 6 Tahun 2014 menjadi landasan atau menjadi starting poin perjalanan Pemerintahan Desa mendapat pengakuan yang luar biasa dari Pemerintah Pusat dengan konsekuensi memberikan banyak alokasi anggaran.

Advertisement

"Apa lagi di tengah-tengah perubahan dunia yang begitu cepat, suka tidak suka, mau tidak mau kita pasti mengalami sebuah perubahan dan perubahan yang diharapkan ke arah yang lebih baik," Kata Zaenal dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (15/6/2023). 

Dengan diciptakannya Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014 diharapkan semua menjadi lebih baik, karena desa menjadi garda terdepan dalam konteks pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu, dibutuhkan kebersamaan, gotong royong, dari semua desa yang ada di Kabupaten Magelang apalagi Kabupaten Magelang memiliki mimpi besar dan tujuan yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Warga Gunungkidul Temukan Mortir Aktif di Aliran Kali Oya

"Tidak ada sebuah kesuksesan dalam desa yang bisa dilakukan sendiri, tapi kesuksesan itu terwujud karena dengan adanya kerjasama dan gorong royong bersama," katanya.

Zaenal berharap, dengan kegiatan ini dapat menambah ilmu tentang bagaimana cara menggunakan anggaran yang baik dan desa bisa menjadi sandaran garda terdepan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta terus bisa melanjutkan pembangunan yang ada di Kabupaten Magelang.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Se- Kecamatan Dukun dan selaku Kepala Desa Kalibening, Nurbiyanto menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Bupati Magelang yang sudah meluangkan waktunya sehingga bisa menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Se- Kecamatan Dukun ini.

"Dengan hadirnya Bapak Bupati Magelang nantinya bisa memberikan motivasi, arahan dan solusi yang bisa menciptakan disiplin pribadi dan kolektif bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Dukun," Kata, Nurbiyanto.

Apalagi di tengah dinamika sistem era Pemerintahan dan pola konsep pembangunan yang dibarengi adanya Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014 yang menjelaskan terkait tugas kepala desa dan perangkat desa, dimana ada empat peranan penting yaitu pembangunan, pemerintahan, pembinaan dan pemberdayaan merupakan tugas yang tidak mudah.

"Maka kita perlu bersinergi, perlu kekompakan dalam rangka mengemban amanah," kata, Nurbiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Arema FC vs PSS Sleman: Skor 2-1, Diwarnai 12 Kartu Kuning

Sleman
| Sabtu, 30 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement