Advertisement

Hamil Tua, Seorang Ibu Melahirkan di Toilet Commuter Line Dhoho

Newswire
Sabtu, 10 Juni 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Hamil Tua, Seorang Ibu Melahirkan di Toilet Commuter Line Dhoho Petugas membantu ibu yang baru melahirkan di dalam kereta api dan diturunkan di Stasiun Sembung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, untuk mendapat pertolongan, Sabtu (10/6/2023). - ANTARA - HO/KAI

Advertisement

Harianjogja.com, KEDIRI—Petugas PT Kereta Api Indonesia membantu seorang ibu pengguna Commuter Line Dhoho (Surabaya Kota-Blitar via Kertosono) yang melahirkan mendadak saat kereta api masih meluncur.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan ibu pengguna kereta api komuter itu dalam perjalanan. Ia sedang hamil tua.

Advertisement

"Dalam perjalanannya pengguna yang sedang hamil tua tersebut hendak turun di Stasiun Kediri, naik dari Stasiun Jombang, namun dalam perjalanan terjadi kontraksi yang menyebabkan pengguna akhirnya melakukan persalinan sendiri di dalam toilet kereta ketiga Commuter Line Dhoho," katanya keterangan tertulis, Sabtu (10/6/2023).

Ia mengatakan, setelah ibu tersebut melahirkan, bersamaan terdapat petugas keamanan kereta (WALKA) yang sedang berpatroli, sehingga ibu tersebut meminta bantuan petugas.

"Petugas dengan sigap membantu dan berkoordinasi dengan kondektur untuk mengumumkan apakah ada pengguna yang berprofesi sebagai tenaga medis," kata dia.

BACA JUGA: Hilang 40 Hari, Empat Anak Ditemukan Selamat di Hutan Amazon, 2 di Antaranya Balita

Setelah diumumkan, kata dia, terdapat salah seorang pengguna yang berprofesi sebagai bidan dan langsung membantu memberikan pertolongan pertama pada ibu dan bayinya tersebut. Bayi yang lahir itu diketahui berjenis kelamin perempuan.

Petugas keamanan Commuter Line juga langsung kordinasi dengan petugas stasiun terdekat yakni Stasiun Sembung, Kabupaten Jombang untuk mempersiapkan kursi roda dan transportasi, memberikan pertolongan selanjutnya kepada ibu dan bayinya itu menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Sampai di Stasiun Sembung, Kabupaten Jombang, ibu itu dibantu petugas. Salah seorang pengguna kereta api yang kebetulan turun dan memiliki mobil untuk dibawa ke bidan terdekat guna mendapatkan perawatan medis selanjutnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna untuk menjaga kondisi dan kesehatan. Pengguna juga diharapkan segera meminta bantuan petugas saat membutuhkan.

"Keselamatan merupakan hal yang penting selama perjalanan menggunakan kereta api. Jangan segan untuk meminta bantuan kepada petugas baik di dalam kereta ataupun stasiun," kata dia.

KAI Commuter juga mengajak kepada seluruh pengguna, untuk menjadi pengguna yang tertib serta mengikuti aturan yang berlaku dan arahan petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement