Advertisement

Awas! Skema Penipuan Daring Kini Sudah Ada yang Lintas Platform

Newswire
Sabtu, 10 Juni 2023 - 04:57 WIB
Arief Junianto
Awas! Skema Penipuan Daring Kini Sudah Ada yang Lintas Platform Ilustrasi peretasan - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pakar Kaspersky menemukan bahwa penipu daring terus mencari cara untuk mengeksekusi serangan mereka. Mereka dengan cepat beradaptasi dengan tren sosial dan memikat pengguna dengan dengan penawaran menarik.

Baru-baru ini, bahkan ditemukan serangkaian aplikasi palsu di Google Play yang mengeksploitasi topik hangat saat ini seperti artificial intelligence (AI), aset, kripto, dan tautan-tautan terkait Elon Musk, guna menarik minat pengguna demi menghasilkan uang dengan mudah.

Advertisement

"Para penipu online terus mengembangkan taktik mereka untuk mengeksploitasi tren dan teknologi terbaru. Dari aplikasi palsu hingga halaman phishing, mereka memanfaatkan umpan dan desain menarik untuk menargetkan pengguna yang tidak menaruh curiga," kata pakar keamanan Kaspersky, Igor Golovin melalui siaran pers, Jumat (9/6/2023).

Aplikasi yang dianalisis Kaspersky membuat klaim yang menjanjikan melalui iming-iming keuntungan harian hingga US$9.000 (sekitar Rp133,7 juta) dengan investasi awal hanya US$250 (sekitar Rp3,7 juta).

Selain itu, mereka menegaskan bahwa pengguna tidak memerlukan keterampilan teknis apa pun dan menjamin pengalaman bebas risiko. Tetapi begitu korban memasang aplikasi dan membukanya, mereka diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti nama, nomor telepon, dan surel.

BACA JUGA: Polisi: Awas Tiket Palsu Timnas Indonesia vs Argentina

Setelah mengirimkan detail, penipu mengirimkan pesan untuk meyakinkan korban bahwa pendaftaran berhasil dan menginstruksikan mereka untuk menunggu telepon dari broker perwakilan dengan panduan lebih lanjut.

Dalam skenario penipuan serupa, korban biasanya menerima telepon dari penipu yang memberikan informasi mendetail tentang proses investasi. Mulai dari informasi mengenai keberhasilan investasi, korban diperintahkan untuk mentransfer uang ke dompet penipu.

Namun, korban tidak pernah menerima keuntungan yang dijanjikan. Selain itu, data curian yang diperoleh selama serangan dapat dimanfaatkan untuk tujuan berbahaya.

Selain aplikasi palsu, peneliti Kaspersky juga mengidentifikasi halaman phishing yang menggunakan teknik dan struktur serupa, yang kemungkinan besar diatur oleh operator yang sama yang bertanggung jawab menyebarkan aplikasi palsu.

Hal itu menunjukkan bahwa penyerang di balik penipuan mendiversifikasi metode mereka untuk meraup sejumlah uang dan berusaha menargetkan sebanyak mungkin korban.

Tim Kaspersky pun telah menjangkau Google dan memperingatkan tentang aplikasi penipuan yang ada di Google Play.

Sementara itu, pakar Kaspersky meminta setiap individu agar tetap waspada dan berjaga-jaga terhadap ancaman di ruang digital. Untuk melindungi diri dari penipuan tersebut, pakar Kaspersky merekomendasikan untuk berhati-hati terhadap tautan dan email mencurigakan, jaga kerahasiaan informasi pribadi dengan hindari memberikan detail sensitif secara daring, serta terus mengedukasi diri tentang penipuan dan ancaman dunia.

Jika tidak yakin tentang situs web, tautan, atau saluran komunikasi tertentu, berhati-hatilah dan jangan sampai terperdaya. Hati-hati juga jika Anda menemukan sesuatu yang mengiming-imingi secara berlebihan. Selain itu, penting juga untuk instal perangkat lunak antivirus dan antimalware pada perangkat dan pindai perangkat secara teratur, serta pastikan selalu perbarui perangkat lunak keamanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement