Advertisement

Akad Nikah di Masjid Sheikh Zayed Solo Yes, Prewedding No!

Newswire
Jum'at, 09 Juni 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Akad Nikah di Masjid Sheikh Zayed Solo Yes, Prewedding No! Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo. - Surakarta.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sejumlah pasangan muda tertarik untuk melangsungkan akad nikah di Masjid Sheikh Zayed Solo. Namun, untuk foto prewedding tidak bisa dilaksanakan karena menyangkut adab-adab agama.

Terdapat persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat menggelar akad nikah atau menikah di Masjid Sheikh Zayed Solo. Pengelola Masjd Sheikh Zayed Solo membeberkan syarat dan kententuan melangsungkan akad nikah atau menikah di Masjid Sheikh Zayed Solo. Dua di antaranya meliputi surat izin dari KUA yang bersangkutan dan jam akad nikah.

Advertisement

“Surat izin KUA yang bersangkutan, jam akad nikah,” ujar Pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo, Munajat, saat dihubungi melalui WhatsApp, Jumat (9/6/2023), mengutip Solopos.com-jaringan Harianjogja.com. 

Jam menikah di Masjid Sheikh Zayed Solo akan diatur oleh pengelola masjid agar tidak mengganggu jemaah lain. Saat pasangan muda melangsungkan akad nikah di sini tempat ibadah utama akan disterilkan.

Baca juga: Belasan Orang Jadi Korban Kecelakaan di Jalan Wonosari-Semanu Gunungkidul

“Tempat main prayer akan diblok atau steril ketika akad nikah, jadi waktu kita pilihkan agar momen akad nikah terjaga,” jelas dia.

Selain surat izin dan jam menikah di Masjid Sheikh Zayed Solo, pengelola masjid juga mengatur terkait penggunaan meja dan lainnya di masjid ini. Nantinya syarat dan ketentuan akad di masjid sangat teknis dan administratif.

Munajat menambahkan untuk pengaturan lebih lengkap akan segera dirilis pihak masjid. Karena saat ini pihaknya masih nenunggu masukan dari Kementerian Agama untuk aturan akad nikah dari luar KUA Banjarsari atau tempat Masjid Sheikh Zayed Solo berada.

“Nanti segera kami launching ketentuannya. ini masih menunggu masukan Kemenag [Kementerian Agama], karena ada beberapa peraturan terutama yang di luar wilayah KUA Banjarsari,” ucap dia.

Aturan Prewedding

Sementara, untuk foto prewedding, pengelola masjid tidak mengizinkan hal itu dilakukan di masjid ini. Karena itu menyangkut adab-adab agama yang baiknya tidak dilakukan sebelum akad nikah. Misalnya bersentuhan. “Kan belum menikah atau akad nikah. Banyak foto prewed yang bersentuhan dan lain-lain. Akhirnya dari para sesepuh meminta tidak diperbolehkan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement