Advertisement

Rusia Tuding Intelijen AS Berada Dibalik Peretasan Ribuan iPhone

Aprianto Cahyo Nugroho
Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Rusia Tuding Intelijen AS Berada Dibalik Peretasan Ribuan iPhone Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) menuduh badan intelijen Amerika Serikat (AS) meretas dan memata-matai ribuan iPhone. Selain perangkat milik warga negara Rusia, perangkat lain yang diretas terkait dengan misi diplomatik dan kedutaan besar di negara tersebut.

Pernyataan dari FSB ini hanya memberikan sedikit rincian dan tidak mengidentifikasi badan intelijen AS mana yang berada di balik dugaan serangan tersebut.

Advertisement

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (2/6/2023), FSB menuding bahwa produsen iPhone Apple Inc bekerja sama dengan intelijen AS, khususnya National Security Agency (NSA).

BACA JUGA: Ukraina Luncurkan Serangan Drone Terbesarnya ke Moskow Hari Ini, 2 Warga Sipil Jadi Korban

Menurut pernyataan tersebut, serangan-serangan tersebut terkait dengan kartu SIM yang terdaftar pada diplomat-diplomat yang berbasis di Rusia untuk negara-negara NATO, Israel, dan China.

Juru bicara Apple tidak mengomentari apakah ada iPhone Rusia yang dibobol. Namun, juru bicara tersebut mengatakan bahwa perusahaan tidak membantu pemerintah membobol iPhone, seperti yang dituduhkan FSB.

“Kami tidak akan pernah melakukannya,” ungkap juru bicara Apple.

Apple menghentikan penjualan produk di Rusia setelah invasi negara itu ke Ukraina, tetapi iPhone masih tersedia secara luas melalui skema impor paralel.

Seorang perwakilan NSA menolak berkomentar. Juru bicara kedutaan besar China dan Israel di Washington juga belum memberikan tanggapan.

Secara terpisah, perusahaan keamanan siber yang berbasis di Moskow, Kaspersky, menerbitkan sebuah posting blog yang mengatakan bahwa iPhone milik sejumlah karyawannya telah diretas. Kaspersky juga memberikan rincian teknis tentang bagaimana peretasan tersebut terjadi.

Peretasan tersebut tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, menurut postingan blog tersebut. Kaspersky tidak mengidentifikasi siapa yang mereka yakini berada di balik serangan tersebut. Mereka hanya menggambarkan ini sebagai serangan siber yang sangat kompleks dan ditargetkan secara profesional.

Dalam sebuah email, juru bicara Kaspersky mengatakan bahwa kampanye peretasan ditemukan pada awal tahun. Pihak berwenang Rusia telah mengindikasikan bahwa serangan-serangan tersebut saling berkaitan dan seorang karyawan Kaspersky men-tweet bahwa pernyataan FSB dan Kaspersky saling berkaitan.

Kaspersky mengatakan bahwa spyware tersebut bekerja pada sistem operasi Apple versi lama.

Pemerintah AS melarang penggunaan perangkat lunak Kaspersky dari sistem federal pada tahun 2017, dengan alasan kekhawatiran spionase. Pada tahun lalu, Komisi Komunikasi Federal AS menempatkan perusahaan Rusia itu dalam daftar perusahaan yang peralatan dan layanannya dianggap sebagai ancaman keamanan nasional.

BACA JUGA: Rusia Kecam AS: Jangan Ceramahi Kami soal Nuklir, Munafik!

Setelah invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, direktur keamanan siber NSA Rob Joyce mengatakan bahwa ia sangat khawatir dengan perusahaan-perusahaan AS yang menggunakan produk antivirus Kaspersky, dan mengatakan bahwa hal itu "tidak tepat dengan situasi global ini."

Pakar keamanan siber yang meninjau blog Kaspersky mengatakan bahwa para peretas tampaknya menggunakan teknik canggih untuk membobol iPhone, tetapi mereka menambahkan bahwa lebih banyak informasi diperlukan untuk mengetahui secara pasti.

"Kecanggihan serangan ini mempersempitnya menjadi hanya segelintir pemain paling kuat di dunia hacking, dan saya merasa kita akan tahu lebih banyak tentang asal-usulnya segera setelah Apple mulai memberi tahu para korban," kata Zack Ganot, CEO Sunday Security yang mengulas temuan Kaspersky.

Menurut Kaspersky, para peretas menyusup ke dalam perangkat dengan mengirimkan lampiran berbahaya melalui iMessage. Pengguna tidak perlu mengklik apa pun agar peretasan itu berhasil, dan dikenal sebagai serangan "zero-click".

Metode ini dianggap sebagai standar emas bagi para peretas untuk membobol komputer atau perangkat seluler dan dijual oleh perusahaan pengawasan komersial, termasuk NSO Group dari Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement