Advertisement

Ukraina Luncurkan Serangan Drone Terbesarnya ke Moskow Hari Ini, 2 Warga Sipil Jadi Korban

Szalma Fatimarahma
Selasa, 30 Mei 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Ukraina Luncurkan Serangan Drone Terbesarnya ke Moskow Hari Ini, 2 Warga Sipil Jadi Korban Ilustrasi kerusakan kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina akibat perang. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ukraina meluncurkan salah satu serangan pesawat tak berawak (drone) terbesarnya ke Ibu Kota Rusia, Moskow, Selasa (30/5/2023). 

Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin mengatakan serangan langka ini menyebabkan dua orang warga sipil luka-luka. Salah satunya di antaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit (RS) setempat. Namun beruntungnya, tidak ada korban tewas yang dilaporkan seusai serangan itu diluncurkan. 

Advertisement

“Pagi ini, akibat serangan drone, kerusakan kecil terjadi di beberapa gedung. Tidak ada yang terluka parah,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/5/2023).

Adapun serangan pesawat tak berawak itu menjadi serangan terbesar pertama yang diterima Moskow sejak serangan Nazi selama Perang Dunia Kedua. 

BACA JUGA: Rusia Kecam AS: Jangan Ceramahi Kami soal Nuklir, Munafik!

Serangan tersebut bahkan dinilai anggota parlemen Rusia, Maxim Ivanov sebagai realita baru yang tak dapat dihindari oleh penduduk Moskow. 

Namun, meski Ukraina terus meningkatkan serangan drone-nya ke Moskow, Ivanov menegaskan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk mengalahkan musuhnya hingga akhir.  

Tekad Rusia itu pun terpancar dari keberhasilannya untuk menghalau serangan drone yang dikirim oleh Ukraina pada pagi hari tadi. 

Berdasarkan laporan pejabat militer setempat, ada sekitar empat hingga sepuluh drone yang berhasil ditembak jatuh di sekitar Moskow dan wilayah sekitarnya. 

Di sisi lain, serangan drone juga dialami oleh masyarakat Ibu Kota Kyiv pada Selasa (30/5/2023). Satu orang dinyatakan tewas akibat reruntuhan gedung apartemen yang hancur akibat serangan pesawat tak berawak itu. 

Selain korban meninggal dunia, pejabat setempat juga mencatat empat korban luka-luka. 

Pejabat administrasi militer Kyiv memperkirakan bahwa jumlah korban akan bertambah karena masih ada sejumlah penduduk yang hingga saat ini masih terjebak di reruntuhan bangunan. 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement