Advertisement

Waduh! Presiden AS Joe Biden Jatuh, Begini Kondisinya...

Aprianto Cahyo Nugroho
Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waduh! Presiden AS Joe Biden Jatuh, Begini Kondisinya... Presiden AS Joe Biden memberi hormat saat upacara wisuda di Akademi Angkatan Udara AS di Stadion Falcon di Colorado Springs, Colorado, AS, 1 Juni 2023. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Amerika Serikat Joe Biden jatuh saat berada di atas panggung setelah memberikan sambutan pada acara wisuda Akademi Angkatan Udara AS pada Kamis (1/6/2023). Gedung Putih mengatakan bahwa kondisi presiden tidak terluka.

Biden tersandung dan jatuh ke tanah setelah menyerahkan ijazah kepada taruna terakhir dari sekitar 900 taruna yang melewati panggung. Setelah terjatuh, Biden tampak menunjuk ke arah karung pasir di dekatnya dan berpegangan pada anak tangga, yang menunjukkan bahwa dia tersandung.

Advertisement

Direktur komunikasi Gedung Putih Ben LaBolt kemudian mengatakan bahwa Biden tersandung karung pasir tersebut.

Pasukan Pengamanan Presiden AS dan personel Angkatan Udara segera membantu Biden berdiri dan dia kembali ke tempat duduknya. Dia terlihat berjalan tanpa bantuan menuju iring-iringan mobilnya setelah upacara berakhir.

Sebagai presiden tertua di Negeri Paman Sam, Biden telah menghadapi pertanyaan tentang kesehatan dan kebugarannya untuk menjabat saat ia memulai pencalonannya untuk masa jabatan kedua.

Baca juga: Rezeki Nomplok, Pengemudi Becak Alun-Alun Utara Dapat Sembako dari Presiden Jokowi

Pada November 2020, Presiden Biden mengalami patah tulang di kaki kanannya saat bermain dengan salah satu anjingnya, dan harus mengenakan sepatu boot selama masa pemulihan.

Biden berada di atas panggung pada hari Kamis selama lebih dari 90 menit untuk membagikan ijazah dan berjabat tangan dengan para lulusan akademi setelah pidato kelulusannya. Akademi AU terletak di Colorado Springs, Colorado, di lokasi yang berada di ketinggian 7.258 kaki di atas permukaan laut, demikian menurut Angkatan Udara.

Biden diberi air minum secara berkala selama upacara berlangsung, dan para wartawan disarankan untuk minum air untuk mencegah penyakit ketinggian.

Upacara kelulusan akademi militer bisa berlangsung lama dan menuntut fisik yang berat bagi presiden. Dalam upacara itu, Biden memberikan sambutan dan kemudian berdiri di atas panggung untuk menyapa setiap lulusan.

Mantan Presiden Donald Trump, yang saat itu berusia 74 tahun, menghadapi pengawasan atas kesehatannya setelah dia berjalan terseok-seok menuruni tanjakan di Akademi Militer AS di West Point setelah memberikan pidato kelulusannya di sana. "Tanjakan yang saya turuni setelah pidato West Point Commencement sangat panjang dan curam, tidak memiliki pegangan dan, yang paling penting, sangat licin," Trump dalam sebuah pernyataan pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement