Advertisement

Jaring Pemilih Pemula, Ganjar Mulai Dalami Karakter Gen Z

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 02 Juni 2023 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jaring Pemilih Pemula, Ganjar Mulai Dalami Karakter Gen Z Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo disambut meriah oleh ribuan kader PDIP di Palembang, Sumatera Selatan, pada Sabtu (20/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Calon presiden Ganjar Pranowo mulai menyusun strategi menjelang Pemilu 2024. Ia mengaku akan mendekati para pemilih pemula untuk menjaring suara.

Ganjar mengatakan kelompok pemilih pemula jumlahnya sangat besar pada Pilpres 2024. Pemilih pemula, lanjutnya, merupakan anak muda yang masuk generasi Gen Z sehingga punya cara tersendiri untuk didekati.

Advertisement

"Gen Z ini menarik. Kemarin saya bertemu dengan Tiktoker, selebgram, ternyata dia punya tiga hal. Satu bisa mengekspresikan diri, dua dia bisa mendapatkan informasi cepat, dan tiga bisa mencari uang," jelas Ganjar usai acara "Peresmian Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo 2024", Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Dia mengatakan, cara berkomunikasi dengan Gen Z harus melalui tiga pendekatan itu. Menurutnya, Gen Z hanya ingin masuk ke dalam sistem sehingga suara mereka bisa didengar.

Baca juga: Heboh, Jaehyun NCT Berganti Nama Menjadi Jamal

"Mereka butuh perhatian untuk bisa turut serta dalam pengambilan keputusan," ujarnya.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Tengah ini merasa Gen Z marah dengan situasi politik yang sibuk dengan pertikaian dan isu SARA. Oleh sebab itu, lanjutnya, Gen Z lebih tertarik dengan dunia dan industri digital.

"Artinya, pemerintahan juga memerhatikan kelompok-kelompok kreatif ini yang kemudian masuk ke ruang-ruang yang sudah tersedia atau pemerintah yang ditantang untuk membuat ruang baru," ungkapnya.

Ganjar menambahkan, masih banyak kelompok rentan di desa yang harus diberi perhatian khusus seperti perempuan dan penyandang disabilitas. Oleh sebab itu, dia ingin perekonomian di desa tetap tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement