Advertisement

Jalan Tol di IKN Ditargetkan Rampung Juni 2024, Sekarang Baru 22,24%

Afiffah Rahmah Nurdifa
Rabu, 31 Mei 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Jalan Tol di IKN Ditargetkan Rampung Juni 2024, Sekarang Baru 22,24% Gambar kompleks Kantor Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara / Antara

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rampung pada Juni 2024. Saat ini progres pembangunannya mencapai 22,24%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Tol IKN yang akan tersambung dengan Tol Balikpapan-Samarinda dilakukan dalam rangka mempercepat konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Advertisement

“Nanti kalau sudah ada jalan tol IKN ini waktu tempuh menuju KIPP kira-kira hanya 30-40 menit saja. Kalau sekarang kan masih sekitar dua jam,” kata Basuki dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023).

BACA JUGA: Libur Sekolah, Banyak yang Ingin ke Jogja, PHRI Targetkan Okupansi 100%

Basuki memberikan evaluasi pengerjaan konstruksi usai meminjau progres pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung serta area nursery yang berada di Balikpapan.

“Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya. Beberapa jenis tanaman yang siap ditanam adalah pulai, ketapang kencana, suren, damar, beringin, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol,” ujarnya.

Adapun, area nursery disebut akan mendapatkan suplai air dari Sungai Rawa Buaya dengan kapasitas maksimal 5.000 liter per hari. Pengelolaan area nursery dilakukan oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) sebanyak 30 orang.

Tak hanya itu, di jalan Tol IKN segmen 3B itu juga akan dibangun 12 tenda nursery seluas 2,3 hektare dengan total saat ini sekitar 52.000 pohon dan akan terus bertambah hingga ratusan ribu pohon yang akan ditanam di koridir jalan tol.

Dia menjelaskan, saat ini beberapa jenis tanaman dari total sekitar 89 jenis tanaman sedang dalam proses adaptasi dengan kondisi setempat.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan menambahkan, saat ini progres pembangunan jalan Tol IKN telah mencapai 22,24%.

“Pekerjaan dilakukan oleh PT Wika - PT PP - dan PT Jaya Konstruksi (KSO) dengan target penyelesaian pada Juni 2024. Total panjang jalan tol yaitu 7,325 km dengan nilai kontrak sebesar Rp1,9 triliun,” katanya.

Untuk diketahui, pembangunan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung sepanjang 7,325 km sendiri merupakan jalan lanjutan dari segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km.

Proyek jalan tol IKN akan berlanjut menuju segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang ditargetkan rampung pada 2024. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement