Advertisement

Isu Dukung Prabowo, Gibran Tak Kena Sanksi PDIP karena Ini..

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 22 Mei 2023 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Isu Dukung Prabowo, Gibran Tak Kena Sanksi PDIP karena Ini.. Gibran Rakabuming Raka / Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PDI Perjuangan (PDIP) tak memberi sanksi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meski melakukan pertemuan dengan bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Gibran sendiri mendatangi Kantor DPP PDIP di Jakarta Pusat pada Senin (22/5/2023). Dia dipanggil untuk memberikan keterangan terkait pertemuan dengan Prabowo dan relawan Jokowi-Gibran di Solo, pekan lalu. Apalagi, saat itu relawan menyatakan dukung pencapresan Prabowo.

Advertisement

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menemui Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. Hasilnya, Gibran tak diberi sanksi melainkan hanya nasehat.

"Sudah diberikan nasehat-nasehat. Kita ini kan partai gotong royong, partai musyawarah," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya memutuskan tak beri sanksi karena Gibran masih kader muda partai. Skenario berbeda terjadi bila kader partai senior melakukan hal serupa.

Baca juga: Relawan Jokowi-Gibran Dukung Prabowo, Politisi PDIP Ini Tak Yakin Ada Penghianatan

"Kalau sudah senior partai kemudian tidak memahami perintah ibu ketua umum [Megawati Soekarnoputri], kebijakan partai, itu lain persoalan," jelasnya.

Hasto mengatakan, pengurus pusat partai memahami posisi Gibran. Bagaimanapun, lanjutnya, Gibran merupakan Wali Kota Solo sekaligus anak dari seorang presiden. Oleh sebab itu, Gibran akan didekati tokoh yang ingin mencari keuntungan pribadi.

"Kapasitas Mas Gibran sebagai wali kota dan tidak bisa dilupakan beliau juga anak Presiden Jokowi sehingga banyak yang mencoba untuk menggunakan posisi itu sebagai cara di dalam me-leverage berbagai kepentingan-kepentingan politiknya," ungkap Hasto.

Sementara itu, Gibran menyatakan akan tegak lurus dengan dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait Pemilu 2024.

"Saya sebagai kader PDI Perjuangan, saya akan tegak lurus sesuai arahan ibu ketua umum [Megawati Soekarnoputri]," ujar Gibran pada kesempatan yang sama.

Dia pun menyampaikan kronologi kronologi pertemuan itu. Menurutnya, Hasto dan Komarudin memberinya banyak nasehat.

Gibran menyatakan Hasto dan Komarudin menerima penjelasannya. Dia pun bersyukur persoalan tak berlarut-larut.

"Alhamdulillah beliau-beliau dapat memahami itu," jelas Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Begini Cara Cek Lokasi Google Map Junction Sleman yang Menghubungkan Tol Jogja Solo, Jogja Bawen dan Jogja YIA

Jogja
| Kamis, 01 Juni 2023, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend, Asita Perkirakan Wisatawan Lebih Ramai dari Lebaran

Wisata
| Rabu, 31 Mei 2023, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement