Advertisement

Jokowi Bakal Tinjau Perkembangan Pembangunan IKN

Muhammad Ridwan
Senin, 22 Mei 2023 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Bakal Tinjau Perkembangan Pembangunan IKN Titik Nol IKN - Humas Setkab - Oji.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali meninjau progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Mei mendatang.

Ketua Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga mengkonfirmasi rencana kedatangan presiden tersebut di IKN Nusantara. "Betul [akan meninjau bulan depan] tanggal persisnya saya belum tau," ujarnya kepada JIBI baru-baru ini.

Advertisement

BACA JUGA: Pemerintah Kembangkan Radioterapi untuk Pemulihan Pasien Kanker

Sementara itu, Danis menuturkan hingga Mei 2023, progres pembangunan IKN telah mencapai 29 persen. Realisasi tersebut  meningkat jika dibandingkan saat April 2023 yang baru mencapai 27 persen. 

Adapun, untuk proyek yang tengah dikerjakan hingga Mei 2023 yakni masih pada penyelesaian Bendungan Sepaku dan intake Sepaku. Selain itu, fokus pekerjaan lainnya adalah penyelesaian pembangunan Istana Negara, Kantor Presiden dan Kantor Kementerian Koordinator.

Danis mengatakan, selain proyek yang telah berkontrak sejak tahun lalu, pihaknya telah memulai beberapa kontrak baru proyek infrastruktur IKN Nusantara. "Progres sekitar 29 persen," jelasnya.

Tagih Negara Komitmen Besar

Pemeritah saat ini juga gencar menjaring investor untuk IKN. Jokowi aktif melobi sejumlah negara agar memberikan dukungannya.

Diantaranya dilakukan Presiden Joko Widodo dengan menagih komitmen investasi negara-negara besar saat menjadi tamu non-anggota pada Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Jepang, pekan ini.

Ketika bertemu Perdana Menteri Jepang Kishida, Jokowi membahas pembangunan IKN dan mendorong percepatan realisasi komitmen Jepang senilai US$500 juta untuk teknologi rendah karbon.

Selain itu, Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi lagi-lagi turut membahas komitmen investasi pembangunan IKN Nusantara.

BACA JUGA: Bersama Presiden Korsel, Jokowi Bahas Kendaraan Listrik hingga IKN

Safari perburuan investor untuk IKN Nusantara juga dilanjutkan Jokowi dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Jokowi menagih penyelesaian investasi dari Pension Funds Kanada yang fokus di pembangunan IKN Nusantara.

Pada kesempatan terpisah, pertemuan bilateral juga dilakukan dengan Korea Selatan. Kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk Seol, Jokowi meminta agar pembangunan Sepaku Semoi Water Treatment di IKN yang didukung Korea Selatan dapat berjalan baik dan selesai sesuai dengan jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement