Advertisement

Mantap! Satwa Liar Bakal Punya Jalur Khusus di Jalan Tol IKN

Afiffah Rahmah Nurdifa
Jum'at, 19 Mei 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mantap! Satwa Liar Bakal Punya Jalur Khusus di Jalan Tol IKN Titik Nol IKN - Humas Setkab - Oji.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan akan ada jalur khusus untuk satwa liar di jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN). Saat ini, OIKN tengah fokus mematangkan rencana pembangunan koridor satwa tersebut di Jalan Tol Pulau Balang Segmen Tol 3B dan 5A sebagai upaya konservasi satwa liar. 

Adapun, koridor satwa liar adalah jalur dengan vegetasi lebat yang menghubungkan dua atau lebih habitat atau kawasan konservasi atau ruang terbuka, yang memungkinkan terjadinya pergerakan atau pertukaran individu antarpopulasi satwa.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) OIKN Myrna Asnawati Safitri mengatakan, dalam rangka mewujudkan kota hutan di IKN, OIKN berkomitmen untuk membuat kebijakan yang melindungi satwa yang ada di IKN.

"Untuk mewujudkan usaha pelestarian satwa liar tersebut diperlukan rencana atau desain koridor satwa yang baik dan sesuai dengan perilaku satwa liar yang ada," kata Myrna  dikutip dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, Jumat (19/5/2023). 

Baca juga: Penetapan Tersangka Johnny G Plate Berbau Politik? Begini Kata Mahfud MD

OIKN bersama sejumlah stakeholder Kementerian PUPR, Kementerian LHK, BRIN, WWF, ADB, dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur saat ini dalam tahap merancang jalur satwa liar di Tol Pulau Balang yang berada di selatan IKN dan melintasi empat koridor satwa sekitar area Sungai Wain. 

Nantinya, jalan tol ini akan menjadi jalur penghubung antara IKN, Balikpapan, serta Pusat Industri Kariangau. Dengan rancangan koridor satwa, jalan tol segmen 3B dan 5A ini akan menyediakan jalur bagi satwa liar. 

Pembangunan jalan tol IKN akan terbagi dalam tiga segmen yang akan digarap oleh beberapa BUMN Karya, yakni Segmen 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Segmen 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa proyek jalan tol Kawasan Inti IKN akan rampung akhir 2024. “[Proyek] ini insyaallah akan diselesaikan pada akhir 2024 ke Kawasan Inti,” kata Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden. 

Jokowi menegaskan bahwa nantinya jalan tol ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN. “Ya, ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 40-an kilometer dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan lapangannya,” tandasnya. 

Sumber: Bisnis.com

BACA JUGA:  Laptop Harga 6 Jutaan Terbaik, Mulai Axioo Mybook Hingga Acer Aspire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Belum Juga Punya Kepala Dinas, Ini Dia Pimpinan Sementara di 3 OPD Pemda DIY

Jogja
| Minggu, 28 Mei 2023, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Kuliner Unik, Restoran Ini Sajikan Ramen dengan Kutu Laut Raksasa

Wisata
| Jum'at, 26 Mei 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement