Advertisement

Angkat Produk UMKM, Ini Strategi yang Dilakukan Pemkab Magelang

Abdul Hamied Razak
Minggu, 07 Mei 2023 - 22:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Angkat Produk UMKM, Ini Strategi yang Dilakukan Pemkab Magelang Kepala Disdagkop UKM Magelang Basirul Hakim (tengah) saat outlet baru Bakpia Tugu Jogja di Jalan Mayor Kusen Dusun Pabelan KM 2, Kelurahan Pabelan Kecamatan Mungkid, Magelang, Minggu (7/5 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) akan terus memperluas pemasaran produk UMKM dengan jaringan toko oleh-oleh modern.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Magelang Basirul Hakim mengatakan kehadiran outlet ke 10 Bakpia Tugu Jogja di wilayah Megelang itu diharapkan membuka pasar baru bagi pelaku UMKM penghasil makanan dan minuman di Kabupaten Magelang.

Advertisement

BACA JUGA: Kota Magelang Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran di Indonesia

"Kami berharap produk UMKM bisa lebih terkenal lagi. Kami juga memberi apresiasi kepada pengelola karena ikut memasarkan produk UMKM lokal di toko ini tanpa biaya," katanya saat meninjau outlet baru Bakpia Tugu Jogja di Jalan Mayor Kusen Dusun Pabelan KM 2, Kelurahan Pabelan Kecamatan Mungkid, Magelang, Minggu (7/5/2023).

Menurut Basirul selain bekerjasama dengan pihak lain seperti toko waralaba, pusat jajakan di sekitar Magelang dan oleh-oleh modern pihaknya akan memperluas pemasaran produk UMKM. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Magelang pascapandemi Covid-19. Dia juga mengingatkan pelaku UMKM untuk terus melakukan inovasi produknya.

"Termasuk manfaatkan ruang digital agar bisa merebut pasar dan pengembangan ekonomi masyarakat. Tidak lupa kami ingatkan agar tetap taat membayar pajak, sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan di Magelang," ungkapnya.

Kendati demikian, menurut Basirul, tidak semua pelaku UMKM di Magelang bisa memasukkan produknya ke outlet modern. Alasannya, karena seluruh produk harus lolos kurasi agar bisa produk dipasarkan secara profesional. "Dinas akan terus berupaya agar produk UMKM diterima luas oleh pasar. Kami akan terus ada di tengah-tengah pengusaha UMKM sesuai arahan bupati," ujarnya.

BACA JUGA: Hari Jadi 1117 Kota Magelang: Terhubung, Tersambung untuk Maju Sehat & Bahagia

Head of Sales Bakpia Tugu Jogja, Istiana Yudha Pratama menuturkan, pihaknya berupaya konsisten melakukan inovasi untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan. Pembukaan toko di Jalan Wonosari ini merupakan salah satu strategi agar dapat menyasar pangsa pasar yang lebih luas.

Toko terbaru ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas, dan mampu menampung kendaraan ukuran besar seperti bis. "Kehadiran toko ini juga mempermudah pelanggan dalam membeli secara langsung. Dilengkapi fasilitas toko yang lebih luas dengan varian yang lengkap, diharapkan konsumen dapat merasakan kenyamanan saat berbelanja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement