Advertisement

Survei LSI: Elektabilitas Cawapres, Ridwan Kamil Paling Tinggi

Newswire
Jum'at, 05 Mei 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Survei LSI: Elektabilitas Cawapres, Ridwan Kamil Paling Tinggi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan materi saat menjadi "keynote speaker" dalam seminar nasional dengan tema Model Sinergitas Pentahelix Merawat Alam dan Mitigasi Bencana di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019). - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024 mendatang, Salah satu nama yang paling unggul adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berada di angka 19,5%.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan angka tersebut diperoleh dari hasil survei Cawapres dengan simulasi 17 nama semi terbuka. Hasil itu tidak berbeda jauh dengan hasil survei yang dirilis oleh LSI awal April 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Siapa Cawapres yang Cocok Pada Pemilu 2024?

”Elektabilitas calon wakil presiden masih paling tinggi dipegang oleh Ridwan Kamil,” katanya, Kamis (4/5/2023).

Berdasar hasil survei LSI, elektabilitas Cawapres yang berada di bawah RK terdiri atas Sandiaga Uno dengan 14,4%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,6%, Erick Thohir dengan 10,5%, dan Khofifah Indar Parawansa dengan 6,8%. Dari hasil tersebut RK paling dominan.

Selain itu hasil survei LSI top of mind untuk pemilihan presiden, RK juga berada di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Joko Widodo. Total ada 88,1 persen publik yang menyukai RK. Angka itu berada di atas kesukaan publik kepada Prabowo Subianto (86,6%), Anies Baswedan (80,7%), dan Ganjar Pranowo (82,7%).

Survei tersebut melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun. Mereka dipilih secara random dengan metode multistage random sampling. Kemudian diwawancarai oleh pewawancara terlatih secara tatap muka. Margin of error atas survei tersebut kurang lebih berada pada angka 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada perubahan signifikan dalam hasil survei cawapres untuk pemilu 2024 mendatang. Masyarakat yang diwakili oleh responden dalam survei LSI menempatkan lima nama sebagai figur cawapres unggulan.

”Lima besarnya masih sama. Masih Ridwan Kamil, Sandi Uno, AHY, Erick, dan Khofifah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement